Jpeg

DepokNews–Univeritas Gunadarma bekerjasama dengan Universitas Teknologi Petronas, Malaysia menggelar Seminar Summernschool dengan tema ” Machine Learning & Deep Learning for Medical & Biomedical Applications”. Acara ini berlangsung di Universitas Gunadarma Kampus K Karawaci Tangerang, Banten, Selasa (31/7/2018).

Ketua pelaksana kegiatan, Dr. Eri Prasetyo Wibowo menjelaskan, acara tersebut merupakan seminar internasional, salah satu bagian dari acara summernschool, kuliah empat hari, terkait machine learning dan deep learning.

“Ini sangat penting karena era sekarang ini perkembangan teknologi sangat cepat, yang tadinya tidak terpikir tiba-tiba muncul. Untuk kegiatan hari terkait IT dengan kedokteran, IT digunakan untuk menyimpan dan mengolah data kedokteran atau data medis yang akan bisa digunakan untuk masa sekarang hingga masa jauh kedepan misal sepuluh atau dua puluh yang akan datang,” kata Dr. Eri Prasetyo Wibowo.

Acara seminar ini juga dihadiri oleh Sekretaris Lembaga Layanan Dikti (LL Dikti),Dr. M.Samsuri yang pada hari tersebut ia juga meresmikan laboratorium Deep Learning Universitas Gunadarma. Laboratorium tersebut dilengkapi dengan fasilitas canggih, dan belum banyak dimiliki oleh lembaga pendidikan yang lain di Indonesia.

Dalam sambutannya, Dr. M.Samsuri mengatakan, lembaga pendidikan atau peerguruan tinggi jangan sampai terlena dalam zona nyaman, karena perkembangan teknologi sangat cepat.

“Perguruan tinggi tanpa melakukan inovasi akan tertinggal. Civitas akademika harus belajar terus tidak boleh putus. Orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu dan orang yang mau terus belajar akan menjadi pemilik masa depan,” kata Dr. M. Samsuri.

Sebelumnya, Rektor Universitas Gunadarma, Prof. Dr. E. S. Margianti, SE., MM juga memberikan sambutan. Dalam sambutanya, orang nomor satu di Universitas Gunadarma tersebut menyatakan komitmennya, Universitas Gunadarma akan selalu siap bersinergi dengan berbagai lembaga untuk mencapai kemajuan bersama.

“Saya berharap para peserta bisa mengambil manfaat yang besar dari kegiatan ini, dan kami, Universitas Gunadarma siap bersinergi untuk kemajuan pendidikan dan penelitian,” kata Prof. Dr. E. S. Margianti.

Acara seminar ini menghadirkan para nara sumber, baik dari dalam dan luar negeri, Prof Zainal A. Hasibuan PhD dari APTIKOM, Indonesia, Prof. Dr. Fabrice Meriaudeau dari Intitute Health and Analytics Teknologi Petronas, Malaysia, Dr. I Made Wiryana dari Universitas Gunadarma, Dr. Mojdeh Rastgoo dari Saint-Gobain Research dan para nara sumber lainnya.

Seminar ini diikuti puluhan peserta dari berbagai kalangan, perguruan tinggi, rumah sakit dan lembaga-lembaga lainnya. Acra ini akan berlangsung selama empat hari, 31 Juli 2018 sampai 3 Agustus 2018.