Depok (16/05), Para Petugas dan Pejabat Satgas Covid-19 serta tokoh-tokoh yang banyak berinteraksi dan atau melayani masyarakat minimal harus segera dilakukan Rapid Test, bila perlu sampai dilakukan test PCR. Hal ini disampaikan oleh Hj. Nur Azizah Tamhid, BA. MA. Anggota Komisi Vlll dari FPKS DPR RI Dapil Jabar Vl Depok-Bekasi setelah dihari kedua datangi Ketua Satgas Covid-19 RW 05 Kelurahan Cinere, Kecamatan Cinere dan RW 04 Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, Depok

Kagiatan ini merupakan bagian dari tugasnya sebagai TIMWAS Covid-19 DPR RI dalam rangka Serap Informasi langsung dari lapangan untuk disampaikan kepada para pihak terkait agar proses percepatan penanganan Bencana Pandemi Covid-19 ini berjalan dengan baik, efektif dan efisien.

Melalui mediasi Ibu Rahma, tokoh masyarakat Kecamatan Cinere, bertempat di Majelis Ta’lim Nurul Jannah Jl. SD Inpres RT 02/05 Cinere Depok, Nur Azizah bertemu dengan, Bpk Hidayat, Ketua RW 05 sekaligus Ketua Satgas Covid-19 RW 05, yang didampingi Ibu Marwani Ketua RT 01/05 dan Ibu Murtanah Ketua RT 02/05.

Selanjutnya di temani Ibu Tuti Sudarti, tokoh masyarakat Kecamatan Limo, Nur Azizah bertemu Ketua Satgas Covid-19 RW 04, Kelurahan Grogol, Limo, Depok, Bpk Joko, sekaligus Ketua RT 02/RW 04, di Rumah Hikmah PKS Jl. Raya Pulo Mangga RT 03/04 Grogol, Limo, Depok. Pada pertemuan tersebut dihadiri juga Bpk Radi, Ketua RW 04.

Selanjutnya, Ketua RW 04 menyampaikan informasi, “Alhamdulillah warga kami nihil PDP dan ODP, namun dampak ekonomi cukup terasa dan kami secara swadaya membuat program lumbung pangan untuk warga.

Kepada Ibu Nur, Ketua RW 04 sampaikan bahwa bantuan dari Pemkot Depok baru dapat alokasi 57 orang dari 300an warga yang diusulkan.

Sedang bantuan dari Provinsi Jawa Barat baru turun 5 orang dari 300an yang diusulkan

Sementara, untuk bantuan Presiden hanya turun 58 orang dari 300an warga yang diusulkan.

Merangkap sebagai Ketua DKM, Ketua RW 04 juga menanyakan kepada Nur Azizah terkait sholat Iedul Fitri apa sudah boleh di Masjid.

Menanggapi pertanyaan tersebut Hj. Nur Azizah Tamhid, BA. MA. menghimbau “agar masyarakat tetap menjalankan ibadah baik itu sholat Tarawih, Sholat Jum’ah dan Sholat Iedul Fitri di rumah karena terkait dengan menjaga keselamatan nyawa manusia”, ujarnya.

Dari beberapa diskusi dengan Para Ketua Satgas Covid-19 ada beberapa masukan diantaranya “agar para Ulama, DKM serta Tokoh Masyarakat dijadikan salah satu pengurus Satgas Covid-19″, sehingga proses edukasi dan implementasi protokol Penanganan Covid-19 berjalan efektif” karena mereka didengar dan dihormati warga. Hal ini penting, karena hasil monitoring di lapangan ditemukan bahwa warga sudah mulai jenuh di rumah akhirnya mereka pada keluar rumah.

Kami gugus tugas covid-19 sudah menghimbau warga agar balik ke rumah jika tidak ada yg mendesak namun jika tetap keluar harus pake masker.

Ada sebagian warga kami yang masih tidak patuh anjuran agar tetap di rumah dan mereka mengatakan “dari 14 RW di kelurahan Cinere belum ada yang kena Covid-19, kenapa harus takut”, maka dari itu “kami mengusulkan agar warga tertentu seperti pengurus DKM, Pengurus Satgas dan petugas yg banyak berinteraksi dg warga perlu dilakukan Rapid Test dan Swap (PCR), Ujar Hidayat Ketua RW 05 Cinere.

Menanggapi rendahnya aneka bentuk bantuan yang turun dari Pemerintah, Hidayat menyampaikan Alhamdulillah di RW 05 membangun lumbung pangan Covid-19 secara swadaya diperuntukkan bagi warga yang membutuhkan.

Hj. Nur Azizah Tamhid, BA. MA mengucapkan terimakasihnya kepada para Ketua Satgas Covid-19 apalagi di bulan Ramadhan ini semoga berkah atas kiprah semua selama ini berperan aktif melayani, mengajak dan menyadarkan warganya untuk mengikuti anjuran pemerintah memutus rantai penyebaran Covid-19 ini.

“Saya menghimbau serta mengajak semuanya untuk senantiasa berdo’a agar Pandemi covid-19 ini segera berlalu,” ujar Hj. Nur Azizah Tamhid

Menurut Hj. Nur Azizah Tamhid, hikmah Pandemi Covid-19 ini banyak warga melaksanakan rangkaian ibadah sholat berjamaah serta tarawih di rumah, tentunya akan memunculkan para da’i dan imam sholat baru.

Pada kesempatan ini Hj. Nur Azizah Tamhid BA. MA. serahkan souvenir Paket Sembako kepada para Ketua Satgas Covid-19 yang dikunjungi.

“Alhamdulillah dan terimakasih telah sudi mampir ke kami, souvenir kami terima dan akan kami salurkan ke warga”, ujar Bpk Hidaya Ketua RW 04 Grogol, Kecamatan Limo, Depok.