DepokNews–Depok (27-07), Anggota DPR RI Fraksi PKS, Hj. Nur Azizah Tamhid, BA, MA mendorong pembangunan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) segera dilakukan di Kota Depok. Hal ini disampaikan Nur Azizah dalam rangakaian masa reses ke-4 pada 27 Juli 2020 di hadapan warga Kecamatan Tapos, Kota Depok.

“Kota Depok hingga saat ini belum memiliki sekolah lanjutan tingkat Madrasah Aliyah Negeri (MAN), hal ini tidak sejalan dengan Visi Kota Depok yakni Kota Depok yang Unggul, Nyaman dan Religius.” Jelas Nur Azizah. Cukup banyak sekolah tingkat Madrasah Aliyah di Kota Depok, namun semuanya berstatus sebagai sekolah swasta. Sementara yang berstatus Negeri belum ada.

Minat warga Depok untuk menyekolahkan putra-putri nya ke Sekolah Islam cukup tinggi, sehingga mereka bertekad mencari sekolah Madrasah Aliyah Negeri di luar Depok. Selain itu, keinginan agar MAN dibangun di Depok ini juga diungkapkan oleh beberapa warga pada kesempatan kunjungan ke tempat lain, ujar Nur Azizah.

Nur Azizah Tamhid merupakan anggota Komisi VIII DPR RI yang membidangi urusan sosial, keagamaan, kebencanaan serta pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Dorongan Nur Aziah telah disampaikan kepada Kementerian Agama, R.I. atas dasar serapan aspirasi masyarakat Kota Depok dalam setiap kunjungan reses.

“Atas dasar serapan aspirasi masyarakat Kota Depok dalam beberapa kunjungan Reses sebelumnya, dalam acara Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Kementerian Agama R.I. secara lisan sudah saya sampaikan kepada Dirjen Pendidikan Islam, agar Kemenag RI segera membangun MAN di Depok. Alhamdulillah Kemenag RI siap membangun MAN di Kota Depok, hanya saja yang menjadi persoalan adalah penyediaan lahan kosong untuk dibangun” tutur Nur Azizah. Selanjutnya, Ade Firmansyah, Anggota DPRD Kota Depok Fraksi PKS menjelaskan saat ini Pemerintah Kota Depok sedang mengusahakan pembebasan lahannya. Menurut Firmasyah, penyediaan lahan menjadi masalah utama karena untuk dapat memenuhi persyaratan pembangunan MAN, minimal harus menyediakan lahan seluas 6000 m2.

Karena meratanya permintaan warga dari beberapa kali Reses, saya berharap Pemerintah Kota Depok segera bekerjasama dengan Kantor Kemenag Kota Depok untuk menyelesaikan Proposal Pembangunan MAN di Kota Depok. Jika proposal nya sudah siap, insya Alloh segera saya buatkan surat rekomendasi untuk selanjutnya diantarkan ke Direktorat Jendral Pendidikan Islam, Kementerian Agama R.I. untuk ditindak lanjuti, tutur Nur Azizah

Kegiatan Reses ini berdasarkan hasil rapat konsultasi pengganti rapat bamus antara pimpinan DPR RI dan pimpinan fraksi-fraksi tanggal 15 Juli 2020 yang ditindaklanjuti Sekjen DPR RI dengan Nomor Surat: DA/07805 /SETJEN-DPR RI/PK.03/07/2020 tentang Permohonan Jadwal Kegiatan Reses Masa Persidangan lV Tahun Sidang 2019 – 2020.

Bertempat di rumah Ustadz Makmuri Kota Jl. Al Barkah No. 53, Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos, Kota Depok

Selesei kunjungan Nur Azizah Tamhid secara simbolis serahkan souvenir kepada Bpk Suparno Ketua RT 09/09 Jatijajar disaksikan Bpk. Ade Firmansyah Anggota DPRD FPKS Kota Depok.