Reses di RM. Sate Abu Salim, Nur Azizah : Desak BPJPH Perbaiki Pelayanan Sertifikat Produk Halal Indonesia

Depok (07/06) – Hj. Nur Azizah Tamhid, B.A, M.A. Anggota DPR RI Fraksi PKS Dapil Jawa Barat Vl Depok-Bekasi reses di Rumah Makan Sate Tegal Abu Salim Jl. Raya Sawangan No. 08 Kel. Rangkapan Jaya Baru Kec. Pancoran Mas, Depok.

Dede Sahlan, Sekretaris DPC PKS Kecamatan Sawangan mengeluhkan, setelah berdirinya Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal, sertifikat Produk Makanan Halal tidak lebih baik. Banyak makanan berlogo sertifikat Halal, tetapi tidak ada barcode nya, konsumen bisa ragu ini sertifikat asli atau palsu. Disamping itu banyak juga makanan yg dikonsumsi umat Islam, tapi tidak ada label Sertifikat Halal nya. Hal ini disampaikan kepada Nur Azizah Tamhid pada saat melaksanakan Kunjungan Kerja Reses Perorangan Anggota DPR RI Masa Persidangan lll Tahun Sidang 2019 – 2020.

Hadir dalam acara ini Ustadz M. Supariono, Amd., Ak. Wakil Ketua Komisi D FPKS DPRD Depok, KH. Lupianto Sekretaris FKUB Depok, Ustadz Mustofa Said Ketua DPC PKS Sawangan, Ustadz Dede Sahlan Sekretaris DPC Sawangan serta Ustadz Arya Mantan Ketua DPC Sawangan.

Selain isu Label Sertifikat Halal, Mustofa Said, Ketua DPC PKS Kecamatan Sawangan juga mengeluhkan insiden Pemutusan layanan kerjasama BPJS-Kimia Farma kepada masyarakat, dengan alasan sedang mengurus perpanjangan kerjasama nya. Seperti mayoritas masyarakat di tempat lain, Mustofa Said juga menyampaikan pentingnya transparansi pengumpulan data kebutuhan dan distribusi bansos agar para RT dan RW tidak menjadi sasaran tuduhan masyarakat.

Alhamdulillaah dan terimakasih kepada ibu Nur Azizah Tamhid yang telah hadir di wilayah kami dalam rangka reses

Kami mewakili kader dan struktur DPC PKS Sawangan sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas kehadirannya, komunikasi yang telah beliau lakukan selama ini dari saat kampanye, setelah pelantikan hingga saat ini telah beliau lakukan dengan baik.

Kami berharap sinergitas antara aleg, struktur dan kader yang dilakukan Bu Nur Azizah terus terjalin dengan baik dan menjadi qudwah atau contoh bagi yang lain sehingga memberikan manfaat yang baik dan besar khususnya bagi masyarakat Sawangan dan masyarakat Depok pada umumnya ujar Ustadz Mustofa Said Ketua DPC Sawangan.

H. Lupianto mengisahkan pernah bisnis travel dan sedang mengantarkan turis dari Malaysia ke Surabaya dan berbelanja tekstil untuk di Export ke Arab Saudi.

Tekstil produk Indonesia namun di sertifikasi Busana Halal Malaysia baru bisa di Export ke Arab Saudi

Sedang Tekstil indonesia belum bisa di Export ke Arab Saudi karena masih belum ada Standard Sertifikat Busana Halal di Indonesia.

Pada kesempatan ini Nur Azizah tegaskan kembali tentang perlunya segera Kemenag RI Fasilitasi terbitnya Standard Sertifikat Busana Halal, sehingga membuka lapangan pekerjaan baru bagi UMKM dan Industri Tekstil Indonesia bisa mengekspor produk mereka ke negara konsumen Busana Halal, ujar Nur Azizah.

Sementara untuk Label Sertifikat Makanan Halal, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag RI perlu segera menetapkan standard desain, adanya barcode, dan aplikasi daftar produk Makanan bersertifikat Halal yg sah yang mudah diakses masyarakat, serta layanan edukasi Halal kepada masyarakat yang komunikatif.

Menanggapi banyaknya produk makanan tidak berlabel halal dan dikonsumsi kaum muslimin, berdasarkan UU No 23 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal pasal 4 berbagai “produk yg masuk, beredar dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib bersertifikat halal” dan PP no. 33/2019 ttg Peraturan Pelaksanaan UU No 23/2014, mulai 17 Oktober 2019, Sertifikat Halal dikeluarkan oleh BPJPH, Kemenag RI, bukan MUI lagi. Namun MUI masih berfungsi untuk mengeluarkan Fatwa Halal hasil audit Lembaga Pemeriksa Halal (LPH), diserahkan ke BPJPH untuk selanjutnya diterbitkan Sertifikat Halal oleh BPJPH. Selain itu MUI juga berfungsi untuk mengevaluasi kompetensi SDM dan mengeluarkan sertifikat sebagai Auditor Halal. Sebaiknya konsumen muslim sejak 17 Oktober 2019 tidak mengkonsumsi makanan yang tidak ada Sertifikat / Label Halal.

Usai acara dialog Nur Azizah Tamhid serahkan 10 Souvenir Paket Sembako kepada Ustadz Mustofa Ketua DPC PKS Sawangan dengan isi paket sembako berupa Beras 5 Kg, Minyak, Gula dan Sarden.