DepokNews- Forum Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah 2020 dimanfaatkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok untuk merancang sejumlah program dan kegiatan.  Terdapat sebanyak delapan program dan 32 kegiatan yang akan menjadi prioritas di tahun 2021.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disdukcapil Kota Depok, Asloe’ah Madjri mengatakan, beberapa program dan kegiatan tersebut antara lain percepatan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan  (GISA) dan peningkatan kualitas Sumber Daya manusia (SDM). Termasuk pengoptimalan sarana dan prasarana untuk pelayanan.

“Terkait peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia  (SDM), kita akan mengadakan pelatihan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) bagi operator, bimbingan teknis dan sebagainya. Intinya agar pelayanan publik ke depan semakin baik,” katanya usai Forum Renja Disdukcapil Kota Depok.

Sementara terkait sarana prasarana, kata Asloe’ah,  pihaknya akan memastikan ketersediaan blanko e-KTP, Alat Tulis Kantor (ATK), hingga kelengkapan mesin cetak e-KTP. Semua itu guna memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kita ingin memastikan semua sarana prasana yang ada tercukupi sehingga tidak terjadi lagi hambatan dalam pelayanan ke depan,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, program lainnya yang menjadi prioritas adalah pemanfaatan Teknologi  Informasi (TI) untuk pelayanan dokumen kependudukan. Hal ini dimaksudkan agar memudahkan masyarakat dalam mengurus berbagai administrasi kependudukan.

“Pelayanan dokumen kependudukan ini berkaitan dengan jaringan. Untuk itu, kami juga ingin nanti segala macam permohonan dokumen kependudukan bisa diakses dengan teknologi sehingga memudahkan masyarakat,” tandasnya.(mia)