DEPOK – Berlokasi di Jalan Pendowo Raya RT.04/RW.09, kegiatan urban farming anak-anak muda Karang Taruna RW.09 Kelurahan Limo sudah berjalan dengan 6 kolam lele dan 1 kolam gurame, alhamdulilah dilengkapi dengan 13 ember kapasitas 100 L untuk pembesaran dan sortir lele.

Dinakhodai oleh Luqman Hakim sebagai Ketua Karang Taruna RW.09 dan Adam Sulaiman sebagai Wakil Ketua, anak-anak muda Karang Taruna RW.09 bersama-sama fokus membesarkan usaha tani ini.

Para petani muda ini sudah merancang business plan untuk 3 bulan ke depan, diantaranya menambah 4 kolam baru utk produksi lele, dengan target pembibitan sejumlah 5.000 benih, diharapkan habis terjual dalam tempo 3 bulan. Termasuk dalam business plan teman² petani adalah menggandeng pihak-pihak investor untuk turut mengembangkan dan memajukan bisnis pertanian kota (urban farming).

“Selain kolam lele, di lokasi juga sudah ditanam tanaman pandan, yang menjadi langganan bagi para pelaku usaha kuliner se-kecamatan Limo, diantaranya pelaku usaha es kelapa, es dawet, aneka kuliner kue tradisional dan lain-lain,” kata Luqman Hakim.

Kegiatan pertanian akan ditindaklanjuti dengan pembentukan Poktan, selain untuk aspek legalitas, juga untuk kemudahan mengakses pelatihan teknis pertanian serta akses permodalan kerja.

Para petani muda ini juga mulai melirik peluang kerjasama dengan beberapa fintech bidang pertanian (agritech) untuk mengembangkan bisnis bersama baik dari aspek permodalan maupun pemasaran hasil produksi.

Kegiatan pemuda ini selaras dengan Program Unggulan Pemulihan Ekonomi Daerah di Kota Depok, yang tidak henti-henti melahirkan inovasi baru bagi terciptanya ekosistem entrepreneurship di Kota Depok, sebagai wujud konkret komitmen Walikota Idris dan Wakil Walikota Imam untuk menciptakan 5.000 pengusaha baru.