Rekruitmen Tokoh Masyarakat Sebagai Agen Sosialisasi Pilgub Jabar, Dibuka Januari 2018

Posted on 1,256 views

DepokNews- Komisioner dan staf Komisi Pelilihan Umum (KPU) Kota Depok Rabu 27 Desember 2017, mengikuti rapat kerja persiapan pembentukan agen sosialisasi pemilihan gubernur Jawa Barat di Bandung.

“Rencananya agen sosialisasi pilgub Jabar akan direkrut pada bulan Januari mendatang. saat ini kami sedang menggelar raker terkait persyaratan dan proses rekruitmennya. Hasilnya segera akan kami umumkan,” kata Nurhadi, Ketua Divisi Sosialisasi, pendidikan pemilih, organisasi dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Kota Depok. 

Rencananya dalam Pilgub Jabar 2018, di setiap Kecamatan akan dipilih dua orang agen sosialisasi yang tugasnya membantu optimalisasi sosialisasi Pilgub Jabar di kecamatan masing-masing. Jadi di Kota Depok akan ada 22 agen sosialisasi Pilgub Jabar.

Para agen sosialisasi pilgub Jabar ini akan direkrut dari kalangan para tokoh masyarakat yang mewakili berbagai segmen dan latar belakang seperti tokoh keagaman, kalangan perempuan, perwakilan penandang disabilitas dan pemilih pemula.

Dalam beberapa pemilu dan pilkada lalu, agen sosialisasi ini disebut relawan demokrasi.

“Jadi relawan ini tugasnya menyosialisasikan soal Pilgu Jabar nanti,” ungkap Nurhadi.

Raker persiapan pembentukan agen sosialisasi dibuka oleh ketua KPU provinsi Jawa Barat yayat hidayat. Kemudian acara raker dipimpin oleh Nina yuningsih, komisioner Divisi sosialisasi KPU Jawa Barat.

Dalam kegiatan raker ini dijelaskan beberapa hal terkait teknis kegiatan sosialisasi pilgub Jabar, diantaranya lomba TPS akses.(mia)