DepokNews – Anggota Komisi VIII DPR RI Hj. Nur Azizah Tamhid, B.A., M.A. hadiri serah terima bantuan Mobil Operasional yang diberikan oleh Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH) untuk Lembaga Amil Zakat (LAZ) Zakat Sukses di Kota Depok. Serah terima satu unit Mobil Toyota Avanza ini dilakukan pada hari Senin (8/3) di Jl. K.H.M. Yusuf Raya No.95, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok. Bantuan mobil operasional ini merupakan salah satu bentuk realisasi program kemitraan Anggota DPR RI yang diperantarai oleh Nur Azizah sebagai mitra BPKH di Komisi VIII DPR RI untuk dapilnya, Kota Depok.

Dalam proses serah terima mobil operasional ini turut dihadiri oleh salah satu pimpinan BPKH, Dr. Rahmat Hidayat, S.E., M.T., Direktur DT Peduli, Muhammad Ihsan, S.Pd., M.Si., sebagai lembaga yang menjadi perantara BPKH untuk menyerahkan bantuan kepada LAZ Zakat Sukses, Direktur LAZ Zakat Sukses, Sunarto Zulkifli, STP, MM, serta Walikota Depok Periode 2006-2016, Dr. H. Nur Mahmudi Isma’il., M.Sc.

Muhammad Ihsan selaku perwakilan lembaga penyalur bantuan dari DT Peduli menyebutkan, ini merupakan Pengadaan bantuan mobil yang terdiri dari mobil operasional dan Ambulance yang ke 9 yang disalurkan oleh BPKH melaui DT Peduli, “Alhamdulillah kami mendapatkan amanah dari BPKH ini yang ke 9. Kita doakan BPKH semakin maslahat dan manfaat. Sembilan mobil ini sudah tersebar dari mulai wilayah paling barat Indonesia yakni Sumatra hingga ke wilayah timur. Selain mobil operasional ini juga ada mobil ambulan”, papar Ihsan.

Ia menambahkan, di beberapa tempat karena track jalannya sulit, menggunakan mobil hilux double cabin yang di modifikasi menjadi mobil ambulan, agar dapat dengan mudah menjangkau tempat-tempat yang sulit. “Kedepan juga kita akan membuat satu sistem terintegrasi yang bekerjasama dengan mitra komisi VIII DPR RI yang lain seperti LAZISMU, BAZNAS, Dompet Dhuafa, seluruh mobil-mobil operasional dan mobil ambulan ini harus ada di website. Sehingga jika ada orang yang membutuhkan itu bisa langsung terkoneksikan. Titiknya bisa mudah dicari. Mohon doanya kita akan mulai menggerakan sistem integrasi ini”, jelas Ihsan.

Sementara itu Rahmat Hidayat berharap agar kendaraan operasional ini dapat menjadi media untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menunaikan zakat. Selain merupakan kewajiban dalam Rukun Islam, menunaikan zakat ini mempunyai dampak sosial yang baik dan dapat membawa kemaslahatan.

Sejalan dengan itu, Nur Azizah turut berharap, dengan hadirnya bantuan pengadaan mobil operasional ini dapat terus meningkatkan kinerja LAZ untuk menjangkau potensi-potensi Zakat, “Karena salah satu fungsi dari LAZ adalah menghimpun potensi zakat, infaq, shodaqoh yang disalurkan kepada mustahiq serta menjadi program pemberdayaan ekonomi, pendidikan, sosial kemanusiaan, dan kesehatan. Oleh karenanya, kita doakan bersama, mobil yang hari ini hadir dari BPKH melalui DT Peduli yang disalurkan kepada LAZ Zakat Sukses ini benar-benar dapat menjadi mobil yang bermanfaat untuk ummat. Khususnya dapat memudahkan dalam menyadarkan dan menjemput potensi-potensi zakat yang ada”, papar Nur Azizah.

Sunarto Zulkifli, selaku Direktur LAZ Zakat Sukses, turut mengucapkan terimakasih atas realisasi program kemitraan melalui Nur Azizah selaku Anggota Komisi VIII DPR RI kepada mitranya BPKH. Menurutnya, Zakat Sukses yang berdiri sejak tahun 2011 ini turut dibidani oleh walikota Depok saat itu, Nur Mahmudi Isma’il, yang terus mendukung kiprah LAZ Zakat Suskes hingga saat ini, khususnya agar terus dapat berperan aktif bagi kemaslahatan warga Depok.

“Alhamdulillah hari ini kita LAZ Zakat Sukses mendapatkan kepercayaan mobil operasional, Insya Allah akan digunakan sebaik-baiknya. Di tahun 2011, atas dukungan dari pak walikota Nur Mahmudi Isma’il kami dapat berdiri. Tahun 2017 kami mendapatkan izin LAZ dari Baznas dan KEMENAG RI, kemudian tahun 2018 alhamdulillah kami juga sudah terdaftar di KEMENKEU RI, sehingga seluruh kwitansi pembayaran zakat para Muzaki melalui Zakat Sukses bisa mengurangi pendapatan kena pajak. Alhamdulillah atas berkah Allah SWT”, pungkas Sunarto.