Ratusan Siswa Tiga SD di Betim Depok Ikuti Sanlat

Posted on 7 views

DepokNews — Ratusan siswa di tiga Sekolah Dasar yakni SD Beji Timur 1, 2 dan 3 pada Selasa (13/6) mengikuti kegiatan pesantren kilat di Masjid Al Barkah yang lokasinya tidak jauh dari sekolah tersebut.

Kepala SDN Beji Timur 2 Rusnadi kepada wartawan mengatakan untuk mengisi kegiatan siswa di Bulan Ramadan pihaknya menggandeng SD Beji Timur 1 dan 3 melaksanakan sanlat secara bersama-sama.

“Siswa yang kita libatkan dalam kegiatan pesantren kilat ini siswa kelas 4 dan 5 saja sementara siswa lainnya belajar di kelas dengan memfokuskan pelajaran agama Islam,”katanya.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yang dipusatkan di Masjid Al Barkah, dimana kegiatan ini bertujuan untuk membentengi siswa dari ha-hal yang dilarang agama.

Kegiatan Ramadan lainnya yang telah dilaksanakan sejak awal Ramadan, ungkapnya, yaitu tadarus Alquran pada pagi dan siang hari.

Materi yang deberikan pada siswa dalam pesantren kilat ini kata Mahlil,seperti ilmu-ilmu agama didalam menambah pengetahuan dan wawasan para siswa, mendengarkan cerama ataupun tausyiah

Di lokasi sama Kepala SD Beji Timur 1 Sumantri menambahkan di Bulan Ramadan ini banyak sekolah menyelenggarakan pesantren kilat (kilat).

Kegiatan ini disamping bertujuan untuk mengisi bulan ramadan dengan kegiatan yang bermanfaat, juga untuk menambah ilmu agama para siswanya.

Sanlat yang dilaksanakan selama dua hari ini  diisi dengan materi-materi keagamaan, juga diisi dengan acara salat duha, tadarus Alquran, buka bersama, dilanjutkan tarawih berjamaah.

“Kami lakukan kegiatan sanlat pada dasarnya bertujuan baik, walau demikian, kadang dalam pelaksanaannya kurang terkoordinir dengan baik,”katanya.

Dengan kata lain, siswa kurang serius mengikuti kegiatan tersebut, walau sekolah telah mewanti-wanti agar seluruh siswa mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan dua hari memang waktu yang sangat singkat untuk belajar agama.

Walau demikian, setidaknya dapat menambah wawasan atau menyegarkan kembali semangat keagamaan yang bermuara pada meningkatnya keimanan dan ketakwaan para siswa.

“Dengan demikian, kegiatan sanlat tetap bermanfaat untuk dilaksanakan di sekolah kami ini,”katanya.