Ratusan Mahasiwa Gunadarma Ikuti Youth Enterpreneur 2017

Posted on 5 views

DepokNews — Ratusan mahasiswa Universitas Gunadarma program diploma bisnis kewirausahaan dan juga perwakilan berbagai jurusan lainnya mengikuti kegiatan youth enterpreneur 2017.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan yang diadakan oleh program diploma bisnis kewirausahaan Universitas Gunadarma. Acara ini berlangsung dua hari, Rabu – Kamis (22/3 s/d 23/3/2017) di Kampus D Jalan Margonda Raya. Kegiatan tersebut mengambil tema “Mengembangkan creativepreneur dalam menyongsong era Indonesia baru”.

Ketua panita sekaligus Ketua Program Studi Bagus Nurcahyo menjelaskan, rangkaian kegiatan tersebut berupa seminar dan lomba progres bisnis.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membangun jiwa kewirausahaan bagi para mahasiswa. Ada seminar wirausaha untuk membangkitkan motivasi wirausaha. Pada hari kedua besok merupakan final lomba progres bisnis dan juga akan mengundang orang tua para mahasiswa,” kata Bagus Nurcahyo.

Bagus Nurcahyo juga menjelaskan, sebelum diadakan lomba progres bisnis para mahasiswa secara berkelompok, masing-masing kelompok 4 sampai 5 orang diberikan pinjaman dana bergulir untuk secara riil menjalankan bisnis selama enam bulan.

“Dalam lomba ini masing-masing kelompok akan mempresentasikan proses bisnis, seperti alur kas, perhitungan modal, biaya operasional, laporan laba rugi dan hal-hal lainnya terkait bisnis yang sudah dilakukan selama enam bulan,” tambah Bagus Nurcahyo.

Kelompok Fatamia yang membuka usaha penjualan sepatu menunjukan produknya

Salah satu kelompok mahasiswa tersebut membuka usaha penjualan sepatu custom dengan nama usaha Fatamia Shoes. Selama enam bulan menjalankan bisnis sepatu kelompok yang diberi nama Fatamai ini mampu menjual 63 pasang sepatu dengan harga setiap pasang Rp.130.000.

Ketua kelompok Fatamai, Fajar menjelaskan, penjualan dilakukan secara langsung dan juga secara online melalui sosial media.
“Kami membeli sepatu polos, kemudian sepatu kami beri motif dan warna sesuai pesanan konsumen dan kami juga yang menyiapkan kotak atau dus sepatu tersebut,” kata Fajar.

Kegiatan Youth Enterpreneur 2017 selain lomba progres bisnis tersebut juga diisi dengan seminar usaha dengan menghadirkan nara sumber: Andi Malewa (rektor IMJ),
Ari Subagya (Mahasiswa UG D3BK)
dan Cerah Iskradono (Motivator).

Seminar ini berlangsung semarak, para peserta tampak antusias menyimak paparan dari para nara sumber. Mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk mengajukan berbagai pertanyaan terkait bisnis dan motivasi.