Tapos – DPC PKS Kecamatan Tapos Kota Depok, kemarin Ahad (29 Agustus 2021) mengadakan acara webinar Kebangsaan tentang Ketahanan Nasional. Acara tersebut diadakan secara daring via zoom meeting yang diikuti ratusan kader PKS. Mereka mengikutinya dengan antusias.

Pembicara yang mengisi acara Webinar Kebangsaan ini adalah Helmi Wahyudin yang merupakan Alumni ToT TAPLAI Kebangsaan Angkatan V Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) 2020. Kegiatan tersebut mengangkat tema Memahami Konsep Dasar Ketahanan Nasional.

Pada kesempatan tersebut, Helmi menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan ketahanan nasional. Diantaranya memahami pengertian Ketahanan Nasional, Pendekatan Astagatra dalam TANNAS, dan Spektrum Ancaman terhadap TANNAS.

“Ketahanan nasional adalah kondisi dinamis bangsa Indonesia yang berisikan keuletan dan ketangguhan dalam menghadapi serta mengatasi segala bentuk ancaman, gangguan ataupun hambatan dari dalam maupun luar negeri,” ujar Helmi.

Lebih lanjut Helmi menjelaskan bahwa ketahanan nasional diperlukan dalam rangka pencapaian tujuan nasional. Dalam perjalanan mencapai tujuan nasional, pasti akan menghadapi ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan. Diharapkan dengan adanya ketahanan nasional dapat mengatasi ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan yang datang.

“Unsur-unsur Ketahanan nasional model Indonesia terdiri atas 8 unsur yang dinamakan Asta Gatra, yang terdiri dari Tri Gatra alamiah dan Panca Gatra sosial,” tutur Helmi.

Adapun unsur Trigatra ada 3, yakni unsur geografi, demografi (kependudukan), dan sumber kekayaan alam yang merupakan potensi dan modal bagi bangsa Indonesia dalam melaksanakan pembangunan. Sedangkan unsur Pancagatra ada 5, yaitu unsur ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan aspek pertahanan keamanan. Unsur-unsur Pancagatra itu disingkat menjadi Ipoleksosbudhankam.

“Dengan izin Allah, kemenangan PKS untuk masuk dalam suprastruktur sistem politik Indonesia akan meningkatkan dan memperkokoh ketahanan nasional Indonesia,” kata Helmi di sela penyampaian materinya.

Ketua DPC PKS Kecamatan Tapos, H. Mamuri Raskaman mengatakan tujuan dari kegiatan webinar kebangsaan ini adalah agar kader PKS memahami wawasan kebangsaan dan memiliki jiwa nasionalisme.

“Dengan memahami konsep dasar ketahanan nasional berikut wawasan kebangsaan diharapkan kader PKS memiliki jiwa patriotisme dan nasionalisme yang tinggi,” kata Mamuri.

Acara yang diselingi dengan kuesioner dan interaktif ini dimulai pada pukul 08.00 lWIB dan berakhir pada pukul11.45 WIB. (shl)