DepokNews– Program iktikaf yang hari ini digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Depok di Masjid Balai Kota memacu para Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Depok untuk semangat beribadah. Salah satunya, dengan menamatkan bacaan Alquran (khatam) yang dilakukan secara berkelompok.

“Khataman Alquran ini sebagai upaya mengisi Ramadan dengan ibadah-ibadah yang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu, memotivasi para pejabat untuk menjadi contoh yang baik bagi masyarakat sekitar,” kata Supian Suri, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok di halaman Masjid Balai Kota, Selasa (05/06/2018).

Dikatakannya, usai Tarawih, para jemaah dibagi ke dalam sepuluh kelompok. Setiap tim mendapatkan tugas untuk membaca tiga juz, sesuai yang diinstruksikan panitia. Selain itu, imbuhnya, terdapat satu ustaz yang akan mengatur dan mengoreksi bacaan para jemaah.

“Misalkan kelompok satu harus mengkhatamkan juz satu sampai tiga, begitu pun seterusnya. Kita baca secara serempak, dengan alokasi waktu maksimal satu jam,” tuturnya.

Tidak hanya khataman Alquran secara serentak, para jemaah juga kembali diberikan tausiah yang disampaikan langsung oleh Wali Kota Depok Mohammad Idris. Setelah istirahat, acara dilanjut dengan salat malam, sahur bersama, dan ditutup Salat Subuh berjemaah.

Menanggapi kegiatan ini, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Sidik Mulyono berharap, kegiatan khataman ini menumbuhkan budaya rajin membaca Alquran. Utamanya, membangun karakter yang positif dalam diri ASN.

“Kegiatan iktikaf, termasuk khataman di dalamnya, merupakan wujud dari visi Kota Depok yang unggul, nyaman, dan religius,” tutupnya.