Rangkaian HUT Depok TP PKK Adakan Lomba Makanan Sehat

Posted on 8 views

DepokNews- TP PKK Kota Depok adakan lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA). Peserta lomba merupakan perwakilan dari tiap kecamatan di Kota Depok dan diharuskan membuat menu sarapan, menu makan siang dan juga menu makan malam yang memiliki kandungan gizi, protein dan karbohidrat yang seimbang. Kegiatan ini juga menjadi bagian dari rangkaian HUT Depok yang jatuh pada 27 April nanti.

“Ajang ini bertujuan untuk mengenalkan sekaligus memasyarakatkan makanan berkualitas dari segi gizi, tampilan, namun tidak mengandung zat-zat yang membahayakan tubuh,” ujar Ketua Pokja III TP PKK Kota Depok, Enny Fitira, Selasa (25/04).

Dirinya mengatakan bahwa kriteria penilaian lomba didasari pada leseimbangan menu, resep, bahan lokal yang digunakan, dan juga cara pengolahannya. Adapun juri yang menilai adalah chef dari Hotel Santika, TP PKK Kota, dan juga dari Dinas Kesehatan.

“Ada dari Dinas Kesehatan untuk menilai kandungan gizi dan protein dalam menu tersebut, sementara chef dari Hotel Santika menilai mengenai rasa dan tampilan makanan,” ujarnya.

Dirinya berharap dengan lomba cipta menu ini secara tidak langsung makanan pokok lokal yang belum terangkat sepenuhnya dapat dikenal, sekaligus dikembangkan di masyarakat khususnya makanan karbohidrat berbahan dasar non beras seperti ubi-ubian dan jagung. Menu ini juga diharapkan bisa rutin diberikan untuk memenuhi kebutuhan anggota keluarga setiap harinya, tidak hanya diberikan saat acara tertentu atau dalam perlombaan saja tapi juga harus menjadi kebiasaan dalam kehidupan keluarga setiap hari.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini akan menjadi insprasi bagi masyarakat kita. Bagaimana dapat memanfaatkan sumber bahan pangan yang ada di sekitar, terus menjaga kualitasnya, bergizi, dan seimbang,” tandasnya.(mia)