Ramadhan, Santri Al Hikam Depok Hafal Alquran Dikirim ke Daerah Terluar Indonesia

Posted on 9 views

DepokNews — Bulan Suci Ramadhan, Pesantren Al – Hikam, yang berlokasi di Keluraha  Kukusan, Kecamatan Beji Beji, Kota Depok, mengirim santrinya penghafal Al Quran 30 juz ke daerah terluar Indonesia.

Kepala Pesantren Al-Hikam II, Ustat Yusron Shidqi mengatakan ada 21 orang ditunjuk untuk mengabdikan diri kepada masyarakat dan pesantren yang bekerja sama langsung oleh Pesantren Al-Hikam.

“Nanti selama setahun para santri akan disebar ke beberapa daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3D) ataupun pedalaman di Indonesia. Mereka ini mengikuti program mengabdi pada negeri atau Program Santri Berbakti (Prosakti),”ujarnya pada Sabtu (27/5) pagi.

Yusron menyebutkan tujuan kegiatan ini adalah menginternalisasi nilai Alquran di masyarakat mulai dari tilawah atau membaca,  selain itu juga penghayatan dan pemaknaan Al-Quran di daerah kategori 3D.

“Para santri juga tugas sebagai syarat menyelesaikan tugas akhir sebelum diwisuda,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Kulliyatul Qur’an Al-Hikam II Dr. Arif Zamhari menambahkan bahwa pengiriman para hafidz Al-Qur’an hampir di semua provinsi kategori  Daerah 3 D yaitu seperti Natuna, Merauke, Donggala, Jene Ponto.

“Program ini jelas untuk memperkuat kebhinekaan dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Selain itu mengajarkan dan membasmi buta huruf akan bacaan alquran,” katanya