Ramadhan BAZNAS Depok  Berikan Bantuan Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni Untuk Dhuafa

Posted on 3 views

DepokNews — BAZNAS Kota Depok memberikan Bantuan Pembangunan Rumah Dhuafa sebesar Rp. 10.000.000,- sebanyak 10 keluarga dari 10 kecamatan. Kesepuluh keluarga tersebut merupakan usulan dari setiap kecamatan. Sebelumnya BAZNAS Depok juga sudah memberikan bantuan serupa untuk satu duafa di Kecamatan Cipayung, jadi sudah 11 RTL yang dibangun BAZNAS Depok

Abdul Ghofar, Wakil ketua BAZNAS depok yang membidangi pendistribusian dan pendayagunaan mengatakan, program bantuan tersebut merupakan salah satu realisasi program BAZNAS Kota Depok yakni Depok Peduli.

“BAZNAS menyadari bahwa rumah  merupakan  kebutuhan dasar setiap orang untuk dapat membina keluarga yang harmonis dan berkualitas,” kata Abdul Ghofar disela-sela acara serah terima secara simbolis dana bantuan RTH di Masjid Balaikota Depok, Rabu (31/5/2017)

Menurut Abdul Ghofar, bantuan tersebut diharapkan dapat menjadi stimulan yang akan disinergikan dengan swadaya masyarakat, pengurus RT/RW setempat, pendamping dan pihak lain untuk meringankan beban warga setempatnya.

Dijelaskan Abdul Ghofar, agar pelaksanaan program tersebut berjalan tepat sasaran dan efisien, BAZNAS Kota Depok membuat tahapan pelaksanaan sebagai berikut:

  1. Menunjuk tenaga pendamping program yang akan mengawasi program
  2. Menunjuk mitra arsitek untuk merancang perbaikan rumah yang dilakukan
  3. Tukang dan pekerja bangunan akan diambil dari lingkungan setempat
  4. Bahan bangunan yang diperlukan langsung dibelikan oleh tenaga pendamping

“Diharapkan melalui program bantuan pembangunan rumah dhuafa ini dapat  meringankan beban bagi masyarakat yang kurang mampu khususnya dalam hal pemenuhan kebutuhan rumah tinggal yang lebih layak, sehat dan manusiawi,” tutur Abdul Ghofar.

Abdul Ghofar juga menjelaskan, pembangunan rumah tidak layak huni bukan santunan pembangunan rumah dan pemilik rumah bukan menerima tunai melainkan sudah dalam bentuk bangunan fisik.

“Bukan kasih uangnya supaya memastikan rumahnya terbangun. Kalau dikasih uangnya khawatir tidak tepat gun walaupun sudah tepat sasaran,” pungkas Abdul Ghofar.

 

Bagi sahabat Kota Depok yang ingin turut membantu dan bekerja sama dapat menghubungi BAZNAS Kota Depok di 087876001222 atau media sosial (FB, Twitter, Instagram) di @baznasdepok