Rajut Tali Ukhuwah, BPU DPC PKS Cilodong Gelar Saresehan Bareng Tokoh

Posted on 133 views

DepokNews —  Bidang Pembangunan Ke-Umatan (BPU) DPC PKS Cilodong menggelar  acara saresehan bareng tokoh se Kecamatan Cilodong. Kegiatan tersebut berlangsung  Ahad 12 November 2017 di Cilodong dengan tema “Indahnya Memaknai Perbedaan Dalam Bingkai Islam”

Sarasehan ini dihadiri oleh 77 peserta, baik tokoh masyarakat maupun tokoh agama dari berbagi wilayah di Kecamatan Cilodong.

Ketua BPU cilodong  yang juga sebagai Ketua Panitia Saresehan Ustadzah Patnawati  SPd dalam sambutannya mengajak seluruh umat islam untuk bersatu padu memperkuat tali ukhuwah islamiah.

“Kegiatsn ini diselenggarakan atas dasar pentingnya merajut ukhuwah islamiyah sepanjang masa, dimana pada masyarakat kita saat ini banyak terjadi perbedaan masalah khilafiyah fiqih yang dijadikan sasaran empuk oleh orang-orang yang ingin merusak ukhuwah islamiyah kita,” kata  Ustadzah Patnawati.

Acara inti Sarasehanyaitu taujih yang disampaikan oleh Ustad Anwar Nasihin Lc,. Dalam ceramahnya Ustad Anwar Nasihin menyampaikan bahwasanya ketaatan, ketakwaan dan ibadah kepada  Alloh merupakan 3 kunci utama umat islam agar dicintai Alloh.

“Ketaqwaan yang kuat akan menjadikan seorang muslim untuk lebih waspada dalam menjalani hidupnya, ketaatannya kepada Alloh menjadi pendorong dirinya untuk sebanyak-banyaknya melakukan amal-amal baik sebagai wujud ibadah yang dilakukan dengan keikhlasan sesuai tuntunan Alqur’an dan as sunah,” jelas  Ustad Anwar Nasihin.

Ustad Anwar Nasihin mengajak setiap muslim menjadikan 3 hal tersebut sebagai hakekat dalam menyikapi perbedaan-perbedaan yang ada di dalam tubuh umat ini untuk menggapai ridho  dan cinta Alloh SWT.

“Keberagaman dalam tatacara beribadah yang terjadi sejak awal perkembangan islam adalah satu hal yang perlu kita toleransi dengan sikap saling menghormati atas pilihan fiqih masing-masing. Tetapi tentunya tidak dalam hal aqidah, karena aqidah merupakan pondasi utama bagi seorang muslim yang tidak memiliki perbedaan hingga akhir zaman.misal tentang rukun islam,rukun iman,syahadat,” tambah  Ustad Anwar Nasihin.

Menurut Ustad Anwar Nasihin, disinilah terlihat indahnya islam sebagai agama yang mengakui adanya perbedaan namun tegas dalam hal pokok terkait aqidah islamiyah.

Ustazd Anwar Nasihin juga mengingatkan agar umat islam tidak tabu untuk berperan aktif dalam bidang politik agar penegakan nilai-nilai islam dapat diperjuangkan secara legal dan konstitusional.

Di akhir acara terlihat antusias peserta yang banyak meberikan pertanyaan kepada  Ustad Anwar Nasihin sebagai nara sumber. Diawal acara dilantunkan bacaan ayat suci Alquran dan juga menyanyikan lagi Kebangsaan Indonesia Raya.