Radio Dianggap Mampu Lestarikan Budaya Lokal

DepokNews- Peranan media elektronik seperti radio dianggap mampu melestarikan budaya lokal. Caranya dengan turut serta menyiarkan secara langsung kegiatan dan diskusi seni budaya secara berkala sehingga masyarakat bisa memahami budaya itu sendiri.

Pendiri Radio Komunitas Radio Bina Suara (RBS) Depok Jawa Barat, Pratama Persadha mengatakan, sekarang ini terlalu banyak budaya dari luar yang masuk sehingga dikhawatirkan bisa mempengaruhi generasi muda dan bisa merubah mindset mereka. Untuk itu kata dia perlu wadah bagi para generasi muda untuk melakukan aktivitas yang positif guna mengembangkan kebudayaan daerah.

“Dalam menaklukan sebuah negara sekarang ini bukan lagi dengan aksi militer tetapi dengan cara masuk merusak budaya setempat,” katanya.

Menurutnya, perlu dilakukan berbagai macam upaya agar kebudayaan daerah yang ada sekarang di Indonesia harus tetap dipertahankan. Dengan adanya perkembangan media sosial sangat menyita perhatian kaum muda sehingga mereka ketergantungan dan lebih bersifat individualis tanpa menghiraukan sekitarnya.

“Di radio disiarkan secara langsung kegiatan budaya dengan kemasan yang menarik bagi kaum muda,” jelasnya.

Dirinya sangat concern dalam mempertahankan budaya melalui siaran radio. Bahkan dia juga membangun taman seluas 6.000 meter per segi yang bisa dimanfaatkan oleh warga setempat dengan membuat berbagai pentas seni dan lainnya.

“RBS merupakan radio komunitas bagi warga Tanah Baru Kota Depok Jawa Barat untuk mengisi berbagai macam kegiatan yang positif,” pungkasnya.(mia)