Putra Daerah Membangun Menghimpun Organisasi Kedaerahan se-Indonesia Timur

DepokNews–Makassar, 14/7, Forum Putra Daerah Membangun (PDM) mengadakan PDM Academy di Hotel Celino, Makassar. Pada PDM Academy Batch 1 ini terpilih 20 peserta dari berbagai daerah di Indonesia Timur seperti Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Papua, Papua Barat, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Kalimantan Timur. PDM Academy ini diselenggarakan dengan kerjasama antara Rumah Kepemimpinan, Putra Daerah Membangun, NAMA Foundation, dan NICE Indonesia.

Para peserta terpilih merupakan para inisiator organisasi daerah yang telah berdiri minimal selama satu tahun. Baik berupa yayasan, komunitas, maupun startup daerah. Para inisiator juga telah memiliki beragam produk dan karya di bidang pendidikan, kesehatan, perikanan/peternakan, kesenian, budaya, dan ekowisata.
Para peserta mengikuti pendidikan selama tiga hari dengan beberapa materi seperti Social & Stakeholder Mapping, Validasi Masalah, Solusi, dan Penerima Manfaat, Manajemen Proyek & Perencanaan Dampak, Social Business Model, Strategi Advokasi & Fundraising, Leadership, Team Building & Kelembagaan. PDM mengundang beberapa narasumber seperti Goris Mustaqim (ASGAR Foundation), Harianto Albar (Indonesia Terang Community), M. Nasrul (Cahaya Desa), Hendriyadi (Sahabat Pulau Indonesia), Supiandi (Berugak Lombok), dan Rendra Manaba (Kendari Kreatif).

“Para peserta memiliki kualifikasi yang sangat baik karena mereka menunjukan kemampuan dalam mengekspresikan pengalaman mengelola komunitas secara sistematis dan empiris, sehingga 20 orang ini benar-benar merupakan putra daerah yang menjadi representasi dari organisasi-organisasi daerah di Indonesia Timur tahun ini”, ujar Rizky Yudo, Ketua Panitia PDM Academy.
Sementara itu, Muh. Mushaddiq Asri, Asisten Manager Rumah Kepemimpinan Regional 7 Makassar mengatakan bahwa “Antusiasme PDM Academy di Indonesia Timur ini tinggi sekali. Terbukti jumlah pendaftar yang membludak. Bahkan di hari H masih ada orang-orang yang ingin mendaftar ke PDM Academy.”

“Para peserta PDM Academy di Indonesia Timur ini akan bergabung dengan Forum Putra Daerah Membangun dimana selama empat bulan ke depan para peserta akan mendapatkan sesi mentoring untuk pengembangan komunitas. Disamping itu, Putra Daerah Membangun juga akan memberikan Match Funding kepada 3 komunitas terbaik di masing-masing wilayah yakni Indonesia Timur dan Indonesia Barat”, pungkas Reza Zaki, Ketua Putra Daerah Membangun.