Tim Puskesmas Terpadu dan Juara (Puspa) Puskesmas Sukatani dan Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kelurahan Sukatani saat monitoring dan sosialisasi protokol kesehatan. (Istimewa)

DepokNews – Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Sukatani memonitoring penerapan protokol kesehatan (protkes) ke masjid-masjid yang berada di wilayah kerjanya. Penyuluhan dilakukan oleh Tim Puskesmas Terpadu dan Juara (Puspa) Puskesmas, Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kelurahan dan stakeholder lainnya.

Kepala UPTD Puskesmas Sukatani, Rika Astiti mengatakan, kegiatan ini bertajuk Sarapan Mantaps atau Safari Puspa Sukatani Masjid Patuhi Prokes. Dilakukan selama sepekan pada awal Ramadan, dari tanggal 12 Maret-16 Maret 2021.

“Sarapan Mantaps dilakukan guna memonitoring dan mengecek kesiapan masjid dalam menjalankan protkes di bulan Ramadan,” tuturnya, dikutip dari laman berita.depok.go id, Minggu (18/04/21).

Rika menjelaskan, ada beberapa indikator yang di nilai. Antara lain ketersediaan alat pengukur suhu tubuh, papan pemberitahuan kewajiban memakai masker dan pengaturan jaga jarak dengan kapasitas 50 persen dari daya tampung masjid.

“Lalu, tersedia tempat cuci tangan yang mudah diakses dengan air mengalir dan sabun cuci tangan. Kemudian, rutin melakukan pembersihan lantai dan penyemprotan desinfektan,” jelasnya.

Selain itu, sambung Rika, pihaknya juga memberikan penyuluhan terkait Covid-19 kepada Dewan Kemakmuran Masjid (DKM). Dari hasil monitoring semua masjid sudah memenuhi indikator-indikator di atas. 

“Semoga dengan upaya yang dilakukan tidak tercipta klaster baru di rumah ibadah,” pungkasnya. (JD 09/ED02/EUD02)