DepokNews–Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Kemiri Muka,  Senin, 5/10/2002 melakukan pemeriksaan Swab Tes PCR kepada ratusan santri salah satu rumah Quran di Kelurahan Pondok Cina. Swab Tes PCR massal tersebut dilakukan sebagai upaya pelacakan kontak untuk pendeteksian lebih cepat penularan Coronavirus (Covid-19).

Kepala UPTD Puskesmas Kemiri Muka, Hilma Handayani mengatakan, pihaknya menyiapkan 11 personel untuk melakukan pemeriksaan. Terdapat 108 santri dan guru yang melakukan Swab Tes PCR.

“Semuanya santri dan guru merupakan kontak erat dengan salah satu santri yang terkonfirmasi positif dan sudah dirawat di rumah sakit (RS). Kami melakukan pendeteksian dini agar tidak semakin menyebar,” kata kepada usai pelaksanaan Swab PCR,

Dirinya menjelaskan, Swab Tes PCR yang dilakukan ini dibiayai oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Kemudian, sambungnya, selama menunggu hasil, para santri akan diawasi agar menerapkan protokol kesehatan ketat. 

“Patuhi terus protokol kesehatan. Gerakan 3 M  ditingkatkan antara lain menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Asupan makanan juga harus yang bergizi lengkap dengan vitamin serta olahraga teratur ,” terangnya.

Hilma menambahkan, dalam pengawasan menunggu hasil Swab Tes PCR, Kampung Siaga Covid-19 (KSC) turut membantu dalam pengawasan. Mereka ikut memantau alur keluar masuk di lokasi pesantren. 

“Mudah-mudah hasilnya negatif dan jika ada yang terkonfirmasi penanganan pencegahan dan penyembuhan bisa cepat dilakukan,” tutupnya

sumber : https://berita.depok.go.id/pemerintahan/puskesmas-kemiri-muka-lakukan-swab-tes-pcr-ratusan-santri-4209