DepokNews- Puluhan pengunjung puskesmas Kedaung mendapatkan penyuluhan kesehatan jiwa dimasa pandemi. Kegiatan ini diadakan oleh Unit Pelaksana Tugas Dinas (UPTD) Kedaung pada Jum’at (16/10/20).

Kepada UPTD Puskesmas Kedauang, Anugrah Sri Handayani, mengatakan, tujuan diadakannya sosialisasi ini agar masyarakat mengerti apa yang harus dilakukan jika dirinya atau orang lain mengalami gangguan jiwa.

“Kami melakukan penyuluhan kesehatan jiwa kepada pengunjung puskesmas Kedaung agar masyarakat mengerti apa yang harus dilakukan jika diri sendiri atau orang lain dilingkungan sekitarnya mengalami stres atau gangguan jiwa,” ujarnya.

Sri menjelaskan, gangguan jiwa dibagi tiga macam. Pertama gangguan ringan atau cemas berlebihan, bisanya orang tersebut tidak nafsu makan, sulit tidur, jantung berdebar, keringat berlebih serta sering sakit kepala atau sakit perut.

Kedua, gangguan sedang atau depresi, biasanya orang yang mengalami gangguan ini mudah sedih, murung, pesimis dan terkadang punya ide bunuh diri.

Terakhir, gangguan jiwa berat atau psikosis. Orang yang mengalami gangguan jiwa ini terkadang berbicara tanpa sebab. Marah-marah atau mengamuk dan tidak menjaga kebersihan dirinya.

Sri mengingatkan, gangguan jiwa bukanlah merupakan sebuah aib, oleh karena itu jika ada yang merasa dirinya atau orang dilingkungan sekitarnya sedang stres maka lebih baik dikonsultasikan ke fasilitas kesehatan terdekat.