Seorang warga lansia saat menerima vaksin Covid-19 di Puskesmas Depok Jaya, kemarin (29/04). (Foto: JD 05/Diskominfo).

DepokNews – Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Depok Jaya mulai melakukan vaksinasi Covid-19 kepada warga lanjut usia (lansia) di wilayah kerjanya. Vaksinasi dosis pertama ini berhasil diberikan kepada  36 lansia.

Kepala UPTD Puskesmas Depok Jaya, Euis Eka Kurniati mengatakan, pihaknya menargetkan 50 lansia yang divaksin. Namun demikian, imbuhnya, jumlah yang divaksin tidak mencapai target tersebut, karena  beberapa lansia tidak lolos skrining kesehatan.

Dia menuturkan, sejumlah lansia yang tidak berhasil mendapatkan vaksin dosis pertama  terkendala faktor kesehatan. Rinciannya, tiga lansia memiliki tekanan darah di atas normal, dan satu lansia gula darahnya tinggi.

“Kemudian, empat lansia tertunda vaksinasinya sehingga harus ada penjadwalan ulang,” katanya, Jumat (30/04/21).

Euis menyebutkan, peserta yang akan divaksin harus melalui beberapa tahapan. Di antaranya, melakukan registrasi ulang, skrining kesehatan dengan pengecekan suhu tubuh dan tensi. Selanjutnya, menjawab 16 pertanyaan untuk melihat kondisi dan identifikasi penyakit penyerta.

“Apabila lolos skrining, dilanjutkan dengan vaksinasi. Setelah divaksin mereka akan menjalani observasi selama 30 menit guna memonitor reaksi yang timbul pasca vaksin,” tandasnya. 

Sumber : depok.go.id