Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna Saat Meninjau Ambulans

DepokNews–Puskesmas Beji mensiagakan satu unit mobil ambulans dan tim medis di lokasi rekapitulasi suara pemilu 2019 di Balairakyat Depok Utara Kelurahan Beji.

Kepala UPT Puskesmas Beji Hendrik Alamsyah kepada wartawan pada Senin (22/4) mengatakan, pihaknya siaga 24 jam untuk memberikan pengobatan bagi para anggota KPPS.

Apalagi, biasanya penyakit bawaan seseorang kambuh ketika kelelahan.

“Yang dikhawatirkan sebenarnya penyakit bawaan seperti contohnya sakit jantung yang terkadang kambuh saat kelelahan, maka itulah gunanya kami lakukan deteksi dini untuk para petugas pemilu agar mereka dapat pemeriksaan kesehataan khusus,” ucapnya.

Kepala Dinkes Depok Novarita mengerahkan petugas kesehatan di tiap kecamatan yang ada di Depok untuk turun memeriksa kesehatan para petugas yang sekarang ini tengah melakukan rekapitulasi.

“Semua puskesmas sudah kami kerahkan ke kecamatan untuk antisipasi hal tersebut,” katanya.

Petugas kesehatan tiap Puskesmas kata dia, menurunkan dua petugas berserta ambulance dan alat medis.

“Kami sudah sebar petugas karena permintaan dan antisipasi hal yang tidak diinginkan dalam melaksanakan tugas demokrasi ini,” katanya.

Sementara itu Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna, meninjau posko kesehatan lokasi rekapitulasi suara di Kecamatan Beji.

“Ya jadi bukan hari ini saja, sebetulnya dari awal kami sudah menyiapkan tim medis. Apalagi, kita banyak dengar berita-berita di daerah bahkan sampai ada yang meninggal dunia,” ujarnya.

Dia menambahkan, Dinkes Kota Depok siapkan petugas medis di setiap kecamatan, termasuk menyiapkan ambulans, obat-obatan maupun vitaminn ini dalam rangka antisipasi.

Pradi menegaskan, tim medis dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, bersama puskesmas berikut ambulans, disiagakan merata di seluruh kecamatan yang jumlahnya 11 titik.

“Ini kami siagakan di setiap kecamatan. Sementara, yang kami terima laporan pusing kelelahan, kalau dirawat belum,” ujarnya.

Jika ada petugas yang terpaksa dirawat, Pradi berjanji, pihaknya akan segera merujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok.

Ketua PPK Kecamatan Beji Andri Yudispran mengatakan, kesehatan anggota timnya mulai melemah.

Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan sistem shift untuk petugas bergantian berjaga.

“Kita tawarkan bergantian petugas yang jaga, segala macam upaya kita usahakan agar tugas tetap terlaksana, namun tidak mengorbankan personel.”katanya.

Ia berharap, ke depannya pemeriksaan kesehatan bagi KPPS menjadi agenda rutin saat pemilu.