DepokNews-Pusat Studi Komputasi Matematika Universitas Gunadarma (PSKM UG) menggelar Seminar “Implementasi Ilmu Data dalam Pengelolaan Alutsista TNI”. Kegiatan ini berlangsung di Auditorium Kampus F8, Fakultas Kedokteran Universitas Gunadarma, Selasa (25/2/2020).

Dr. Ahmad Sabri, S.Si., M.Si. sebagai ketua pelaksana dalam sambutan menjelaskan bahwa acara seminar ini merupakan kegiatan rutin dari PSKM, di mana pada setiap penyelenggaraannya mengusung tema yang berbeda. Tujuan dari penyelenggaraan seminar ini adalah untuk memperluas pengetahuan civitas akademika dalam hal penerapan ilmu data dalam berbagai bidang, termasuk dalam bidang pertahanan dan keamanan. Ahmad Sabri juga menjelaskan bahwa seminar ini seharusnya menghadirkan dua pembicara utama yaitu Kolonel Czi Irfan Siddiq, Waaslog Kogabwilhan I dan Taufik Edy Sutanto, M.Sc. Tech., Ph.D, Founder Tau-Data Indonesia dan Dosen Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Akan tetapi, Kolonel Czi Irfan Siddiq tidak bisa menghadiri kegiatan seminar dikarenakan tugas mendadak di Kepulauan Seribu.

Seminar yang dihadiri 185 peserta dimana sebagian besar sedang studi jenjang S3, selanjutnya dibuka oleh Prof. Dr. Sarifuddin Madenda selaku Ketua Program Doktor Teknologi Informasi Universitas Gunadarma, mewakili Rektor Universitas Gunadarma. Beliau menyampaikan bahwa Seminar dan workshop Data Science adalah ajang yang harus diikùti sebaik-baiknya untuk memperoleh wawasan keilmuan yg luas tentang big data dan peluang memperoleh ide-ide materi riset disertasi bagi mahasiswa S3, tesis bagi mahasiswa S2 dan skripsi bagi mahasiswa S1.

Hadir sebagai narasumber adalah Bapak Taufik Edy Sutanto, M.Sc. Tech., Ph.D, founder dari Tau-data Indonesia dan dosen di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Bertindak sebagai moderator Dr. Tubagus Maulana Kusuma S.Kom., M.Eng.Sc. dari Universitas Gunadarma.

Dalam paparannya, Taufik menyampaikan pengertian tentang data science dan big data, aplikasi data science dalam dunia militer secara umum, dan contoh konsep pengembangan data science dalam militer. Dalam konteks TNI, Taufik menjelaskan secara umum analisis kebutuhan di TNI AD dan bagaimana peranan data science untuk memanfaatkan big data untuk membangun suatu kecerdasan buatan pada perangkat militer. Ia juga menjelaskan bahwa kecerdasan buatan untuk keperluan militer adalah hal yang sangat sensitif dan sangat strategis, sehingga sebaiknya dibangun oleh bangsa sendiri.

Kegiatan seminar ini ditutup dengan pemberian sertifikat dan plakat kepada narasumber dan moderator oleh Ketua Pusat Studi Komputasi Matematika Universitas Gunadarma (PSKM UG).