DepokNews-Pusat Studi Komputasi Matematika Universitas Gunadarma (PSKM UG) menggelar Data Science Workshop Series #2 dengan tema “Implementasi Ilmu Data dalam Pengelolaan Alutsista TNI”. Kegiatan ini berlangsung di Laboratorium CBT Kampus F8, Fakultas Kedokteran Universitas Gunadarma. Workshop tersebut berlangsung selama 2 hari (4-5 Maret 2020).

Dr. Ahmad Sabri, S.Si., M.Si. sebagai ketua pelaksana dalam sambutan menjelaskan bahwa Data Science Workshop ini merupakan kelanjutan dari Workshop sebelumnya.
“Dari kegiatan Workshop pertama manfaatnya sangat dirasakan oleh para peserta sehingga kita kembali mengadakan kegiatan serupa”

Dr. Ahmad Sabri menjelaskan “Kegiatan workshop ini menyelesaikan permasalahan pengadaan alutsista TNI yang selama ini masih berjalan secara manual ke dalam suatu Sistem Cerdas Optimasi Pengelolaan Alutsista (SCOPA). Ia menambahkan permasalahan tersebut diselesaikan dengan pendekatan data science yang disampaikan oleh beberapa pemateri dari PSKM UG dengan mengajarkan peserta mulai dari memodelkan masalah, menentukan metode penyelesaian, mengkodekannya dalam program menggunakan Python, hingga menginterpretasikan hasil yang diperoleh.

Apa yang disampaikan Dr. Ahmad Sabri selaras dengan testimoni salah satu peserta, Dr. Enny Itje Sela, S.Si., M.Kom., Dosen Universitas Teknologi Yogyakarta.

“Ini workshop kenapa kedua kali saya hadir karena minat saya ke data science kemudian sebagai ilmu baru tentunya saya gak pernah dapat dan saya harus memperkaya diri dengan belajar,”ujar Dr. Enny.

Dijelaskan Dr. Enny pelajaran data science perlu banyak belajar, apa lagi kata Dr. Enny workshop saat ini pelajaran yang sangat terstruktur.

“Karena dulu saya belum dapat sehingga saya perlu banyak belajar, salah satunya dengan workshop ini. Selain dengan belajar sendiri tapi disini lebih terstruktur dan ada ukuran nya sehingga menantang saya untuk mengikuti kembali kegiatan workshop yang diadakan oleh PSKM UG ini,”katanya.

“Penerapannya sebagai dosen di tehnik data science linknya sangat pas dan sangat bermanfaat. Apalagi teknologi industri data, sudah jadi industri seperti gojek dan lainnya. Ini harus dimanfaatkan secara maksimal karena data sekarang dibisniskan dan tidak banyak yang paham olah data. sehingga sangat penting menggunakan data science,”tutur Dr. Enny.

Workshop ini diikuti oleh 50 peserta (Mahasiswa S3 & Dosen) baik dari Universitas Gunadarma maupun perguruan tinggi lainnya. Sehingga kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pemicu bagi mahasiswa Doktoral maupun Dosen untuk melakukan penelitian yang berdampak langsung pada kebutuhan industri.

Adapun Pemateri dan Materi Workshop antara lain :
1.Dr. Iffatul Mardhiyah, S.Si., M.Si.(Perumusan Masalah)
2.Dr. Murni, S.Si., M.Si.(Eksplorasi Data)
3.Dr. Ias Sri Wahyuni, S.Si., M.Si.(Pemodelan Matematis)
4.Dr. Achmad Fahrurozi, S.Si., M.Si.(Metode Penyelesaian)
5.Dr. Tri Handhika, S.Si., M.Si.(Scratch Programming)
6.Dr. Ilmiyati Sari, S.Si., M.Si.(Scratch Programming)
7.Dr. Nurma Nugraha, S.Si., M.Si.(Scratch Programming)
8.Dr. Dewi Putrie Lestari, S.Si., M.Si.(Interpretasi Hasil dan Future Works)