Satgas SDA saat menangani longsor di Depok beberapa waktu lalu (Istimewa)

DepokNews- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok telah menangani delapan titik banjir dan longsor.Intensitas hujan yang meningkat akhir-akhir ini menyebabkan genangan dan longsor di beberapa titik.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty mengatakan bahwa intensitas hujan sedang tinggi. Pihaknya sudah mengantisipasi dengan menyiapkan Satuan Tugas (Satgas) untuk berjaga menerima laporan warga. 
“Beberapa hari ini, sudah ada delapan titik yang kita tangani,” kata Citra.

Dikatakannya, menurut laporan yang dihimpun sampai dengan tanggal 7 April, banjir terjadi di empat titik. Di antaranya di Bojongsari lama depan PLN RT 02/01, Villa Santika Kelurahan Grogol Mampang, Jalan Tiga Putra RW 04 Kelurahan Meruyung dan Graha Pancoran Mas (Panmas), Kecamatan Panmas.

Sedangkan untuk lokasi longsor, kata Citra, berada di Perum PGRI Cilodong, Kali Angsana Pasir Putih Kecamatan Sawangan, Kali Sugutamu Kelurahan Cilodong RT 02/06, Perum BSI Pengasinan RT 06/09 atau di Saluran Caringin 2 Kelurahan Pengasinan.

“Kemarin (07/04) Satgas kami sudah mengecek dan melakukan penanganan di lima lokasi. Hari ini kita lanjutkan untuk lokasi yang belum. Setiap satu lokasi, kita turunkan satu tim Satgas yang terdiri dari 10 orang,” jelasnya.

Adapun, lanjut Citra, penanganan sementara dilakukan dengan pemasangan cerucuk, karung tanah dan terpal, agar longsor tidak meluas. Untuk banjir, sudah teratasi dengan baik.

“Mudah-mudahan penanganan ini bisa meminimalisir longsor susulan. Kami juga mengimbau warga untuk terus waspada, mengingat intensitas hujan masih tinggi dan tidak bisa diprediksi,” tandas Citra.(mia)

Area lampiran