Puluhan Pohon Hijaukan Kali Pesanggrahan

Posted on 669 views

DepokNews–Kali Pesanggarahan yang melintasi Jalan Mawar RT 003/RW 004 Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, kini makin asri dengan kehadiran 70 pohon yang baru ditanam. Penghijauan ini dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, sebagai bagian untuk mengajak masyarakat menjaga dan mencintai lingkungannya.

Kepala DLHK Kota Depok, Etty Suryahati mengatakan, 70 pohon yang ditanam terdiri dari jenis pucuk merah, kencana, pala, jambu jamaica, hingga pohon trembesi. Selain penanaman pohon, di sekitar kali juga dibuat Lubang Resapan Biopori (LRB) sebanyak 20 lubang.

“Kegiatan menanam pohon mempunyai banyak manfaat. Selain mencegah longsor, gunanya juga untuk penghijauan. Menanam pohon ini dampaknya bukan sekarang. Tetapi, untuk tahun yang akan datang,” ujar Etty, usai menghadiri kerja bakti pembersihan lingkungan di sekitar Kali Pesanggrahan perbatasan Sawangan dan Cipayung, Jumat (20/07/2018).

Dikatakannya, dalam aksi tanam pohon ini, pihaknya berkolaborasi dengan berbagai pihak. Mulai dari Koramil Sawangan, Kecamatan Sawangan, kelurahan se-Kecamatan Sawangan, dan masyarakat sekitar bantaran kali.

“Kami ingin membangkitkan kesadaran masyarakat di Kali Pesanggrahan, mengenai pentingnya lingkungan yang bersih, hijau dan asri,” tandasnya.

sumber: depok.go.id