Puasa, Jaga Kecukupan Vitamin D Agar Tetap Bugar

Posted on 4 views
DepokNews — Sebagian orang berpikiran bahwa Vitamin D hanya didapatkan melalui paparan sinar matahari. Melalui paparan sinar tersebut Vitamin D dikatakan dapat mempengaruhi pertumbuhan tulang. Namun, di bulan Ramadan ini, kebanyakan orang enggan untuk keluar rumah dan terkena sinar matahari karena terlalu panas dan membuat cepat haus.

Menurut, Ani, salah satu pakar kesehatan di wilayah Pancoran Mas, dirinya menuturkan bahwa banyaknya dampak ketika tubuh kekurangan vitamin tersebut. Seperti halnya, sakit perut dan cepat lelah. “Apalagi sekarang ibi bulan puasa, tubuh banyak membutuhkan asupan vitamin salah satunya Vitamin D,” paparnya saat ditemui Tim Depok News, Rabu (31/5/2017).
Kebanyakan orang berpuasa selalu merasa dirinya lemas dan tak bertenaga, lanjutnya. Hal tersebut dapat dikatakan kekurangan Vitamin D yang menyebabkan tubuh kelelahan apalagi jika tidak melakukan aktivitas. Sementara itu, jika terlalu banyak kekurangan Vitamin D dan membuat tubuh terasa lemah akan terjadi pergantian mood.
“Sebab Vitamin D bertanggung jawab atas aktivitas gen yang mengatur neurotransmitters. dan secara langsung memengaruhi fungsi serta perkembangan otak,” jelas Ani.
Bukan hanya itu,  kekurangan Vitamin D juga dapat mengakibatkan tubuh seseorang sulit sembuh dari sakit. Ketika kamu gampang sakit atau  kesulitan untuk sembuh, mungkin itu karena kekurangan vitamin D. Vitamin D bisa meningkatkan kemampuan sel T untuk melawan infeksi.
“Lebih parahnya, beberapa studi menunjukkan bahwa jika vitamin D berkurang dalam tubuh bisa meningkatkan kemungkinan depresi. Maka dari itu, jagalah tubuh Anda, sayangi kesehatan Anda. Mengingat saat ini sedang puasa jagalah kondisi tubuh dengan makan sahur yang cukup dan penuh gizi dan vitamin agar puasanya lancar,” tandasnya. (Meida)