Puasa, Harus Sisihkan Waktu Untuk Berolahraga

Posted on 6 views

DepokNews- Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Depok Agus Suherman mengatakan, meski sedang  menjalankan ibadah puasa, harus tetap berolahraga. Itu untuk menjaga tubuh tetap fit dan bugar.

“Porsi berolahraga bagi atlet maupun masyarakat biasa yang dilakukan pada saat berpuasa dan ketika tidak berpuasa, agak sedikit berbeda. Hanya dikurangi waktu dan porsinya saja,” jelas Agus.

Bagi masyarakat biasa tetap dapat melakukan olahraga. Jenis olahraga yang bisa dilakukan yaitu melaksanakan senam dalam waktu selama 15 hingga 30 menit. Olahraga senam tersebut tidak harus dilakukan di tempat olahraga, gedung atau tempat olahraga lainya, namun dapat juga dilakukan dalam ruang rumah atau di luar rungan seperti pada halaman rumah.

“Senamnya seperti senam peregangan mengerakkan sendi ketika waktu sekolah dulu, misalnya senam kesegaran jasmani,” katanya.

Selain itu, masyarakat dapat melakukan jenis olahraga lain seperti jogging atau bersepeda. Pelaksanaaan olahraga ringan seperti senam peregangan otot sebenarnya dapat dilakukan pada waktu pagi hari.

Sedangkan jenis olahraga ringan hingga berat yang membutuhkan energi banyak, sebaiknya dilakukan pada sore hari sekitar pukul 16.30 -17.30.

Olahraga sebaiknya sebelum waktu berbuka puasa. Setelah berolahraga sore hari tersebut, seseorang punya waktu berisitrahat sekitar setengah jam sebelum berbuka puasa. Kalau pada saat cuaca panas tidak baik berolahraga terutama bagi yang berpuasa.(mia)