DepokNews–Pusat Studi Komputasi Matematika Universitas Gunadarma (PSKM UG) menyelenggarakan kegiatan “DATA SCIENCE WORKSHOP SERIES #1”. Tema yang dibahas dalam kegiatan ini adalah “IMPLEMENTASI ILMU DATA DALAM PENILAIAN RISIKO KREDIT (CREDIT SCORING)” yang merupakan salah satu masalah utama dalam industri keuangan.

Narasumber Aria Widyanto dari PT Amartha Mikro Fintech

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, Selasa s/d Kamis (15 – 17 Oktober 2019) bertempat di Kampus F6 Universitas Gunadarma. Workshop ini diikuti oleh peserta dosen dan mahasiswa program S3. Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor IV Prof Dr. Didin Mukodim.

Ketua PSKM UG, Dr. Ernastuti, M.Kom dalam sambutannya mengatakan, latar belakang diadakannya kegiatan tersebut karena tren otomatisasi, kecerdasan buatan (Artificial Inteligence/AI), dan big data pada era Revolusi Industri 4.0.

Dr Tri Handhika, pemateri dari Universitas Gunadarma

“Teknologi big data yang muncul pada revolusi industri 4.0 ini sekaligus memperkenalkan cabang ilmu baru yang dikenal dengan Data Science (Ilmu Data),” kata Dr. Ernastuti.

Data Science berperan besar dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh industri dengan menggali insight dari berbagai sumber data yang telah terkumpul.
Salah satu industri yang cukup masif mengimplementasikan Data Science adalah industri keuangan, bahkan sampai menelurkan model bisnis baru yang dikenal dengan Financial Technology atau dikenal dengan Fintech.
Fintech berhasil membuat kegiatan transaksi keuangan menjadi lebih cepat dan mudah, dengan mereduksi berbagai proses manual yang selama ini berjalan melalui implementasi Data Science. Tidak heran jika kebutuhan sumber daya manusia dengan kompetensi Data Science sangat dibutuhkan oleh industri saat ini.

Dikatakan Dr. Ernastuti, Data Science Workshop merupakan program pelatihan dan diskusi penelitian terkait implementasi Data Science di berbagai industri yang digagas oleh Pusat Studi Komputasi Matematika Universitas Gunadarma (PSKM UG).

“Kegiatan ini berusaha menjembatani antara praktisi dengan akademisi dalam menyelesaikan permasalahan nyata yang dihadapi di industri dengan menggunakan Data Science secara komprehensif, yang dimulai dengan pemodelan matematis, kemudian menentukan pendekatan serta metode yang tepat, hingga mengkodekannya dalam suatu program secara scratch untuk kemudian dibandingkan dengan tools pada library (jika ada), dan menginterpretasikan hasil yang diperoleh.”

Pada Workshop Data Science Series #1 ini, pihaknya mengundang narasumber dari industri keuangan yaitu dari PT Amartha Mikro Fintech Bapak Aria Widyanto untuk memaparkan permasalahan yang dihadapi terkait permasalahan kredit dan investasi khususnya permasalahan resiko kredit (credit scoring).

“Permasalahan tersebut dicoba untuk diselesaikan dengan Data Science yang disampaikan oleh beberapa pemateri dari Pusat Studi Komputasi Matematik Universitas Gunadarma,” tambah Dr. Ernastuti.

Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pemicu baik bagi mahasiswa Doktoral maupun dosen di lingkungan Universitas Gunadarma untuk melakukan penelitian yang berdampak langsung pada kebutuhan industri.

Salah satu peserta Workshop, Rianto, S.Kom.,m.eng, dosen Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) mengatakan kegiatan tersebut sangat besar manfaatnya.
“Dengan mengikuti kegiatan ini banyak hal yang kami dapat dan sangat membantu kami dalam melakukan penelitian,” kata Rianto yang saat ini sedang menempuh pendidikan S3 di Universitas Gunadarma.

Kegiatan ini diisi oleh nara sumber Industri yaitu Aria Widyanto, Chief Risk and Sustainability Officer (PT. Amartha Mikro Fintek).
Sedangkan Pemateri Workshop dari PSKM UG:

  1. Dr. Achmad Fahrurozi, S.Si, M.Si
  2. Dr. Ahmad Sabri, S.Si, M.Si
  3. Dr. Desti Riminarsih, S.Si, M.Si
  4. Dr. Feni Andriani, S.Si, M.Si
  5. Dr. Nola Marina, S.Si, M.Si
  6. Dr. Rifki Kosasih, S.Si, M.Si
  7. Dr. Tri Handhika, S.Si, M.Si

Konten Materi Workshop meliputi:
a. Filosofi Ilmu Data & Perumusan Masalah
b. Analisis Data
c. Pemodelan Matematis
d. Scratch Programming
e. Creating Our Own Library
f. Penggunaan Library Existing
g. Desain Eksperimen Komparasi Performa
h. Interpretasi Hasil dan Future Works.

Selanjutnya PSKM UG berencana akan mengadakan Data Science Workshop Science series #2 di bulan Januari 2020.