Pesta homo digerebek beberapa waktu lalu (Ilustrasi)

Psikolog : Lingkungan Bisa Mempengaruhi Orientasi Seksual Seseorang

Posted on 19 views
DepokNews- Psikolog Universitas Pancasila (UP) Aully Grashinta menuturkan pada dasarnya orientasi seksual dibentuk berdasarkan bawaan fisik dan sosial atau lingkungan. Keduanya sangat saling mempengaruhi.
“Artinya sangat ada korelasi antara kedua faktor tersebut,” katanya, Selasa (10/10).
Menurutnya, homoseksual bisa menular karena secara sosial mempengaruhi orientasi seksual sehingga sangat mungkin menular. Dari banyak penelitian kata Shinta, orang yang suka menyodomi sebagian besar juga karena dia pernah menjadi korban sodomi.
“Gay juga akhirnya menjadi gaya hidup. Jadi saat masuk ke kelompok gay, tentunya ingin diterima. Caranya ya dengan melakukan kegiatan serup dengan kelompok tersebut. Akhirnya orientasi seksualnya menjadi berubah,” ujarnya.
Kalau sudah begitu menjadi agak sulit membedakan mana yang benar-benar orientsi seksualnya sejenis atau ikut-ikutan. Ditambah lagi hal seperti ini sekarang diakomodir dengan tempat yang jelas-jelas memfasilitasi kegiatan ini.
“Terlebih jika pelaku dan korban tidak direhabilitasi dengan benar,” paparnya.
Kasus homo bukan saja terjadi sekarang, tetapi sejak jaman sodom dan gomorah. Masalahnya sekarang semua dipermudah dengan adanya komuniksi.
“WA grup dan sosmed membuat mereka lebih leluasa berhubungan. Hukuman sosial juga jarang diberlakukan lagi karena cenderung individualis,” pungkasnya.(mia)