Jauhi narkoba (Ilustrasi)

Psikolog : Faktor Keberhasilan Menjual Narkoba Membuat Marak Peredarannya

Posted on 66 views
DepokNews-  Psikolog Universitas Pancasila (UP) Maharani Ardhi Putri mengatakan, selain faktor keuntungan besar dari bisnis narkoba, hal lain yang membuat marak adalah faktor keberhasilan. Jika pengedar bisa berhasil menjual maka dia akan merasa tertantang untuk menjual secara berulang.
“Sekali berhasil dia jadi lebih percaya diri untuk menjual lagi. Dia sudah tahu medannya jadi lebih berani lagi menjual,” kata Putri, ahad (17/9).
Inilah yang membuat mata rantai narkoba sulit diputus. Karena akan selalu ada suplay and demand yang terjadi di pasaran. Ketika pangsa pasarnya besar otomatis permintaan meningkat dan keuntungan juga makin besar.
“Keuntungan besar, medan dikuasai jadi mereka pun makin merasa bisa dan PD,” tukasnya.
Disisi korban, bisa jadi dia menggunakan itu karena pengaruh lingkungan atau pekerjaan. Harus dilihat dulu sejak kapan Indra memakai narkotik. Kalau sudah dilakukan sejak lama berarti memang sudah kebiasaan.
“Artinya pekerjaannya apapun dia sudah pakai sejak lama. Bukan karena politikus atau apa,” tuturnya.
Hal lain sambung Putri, bisa jadi dia menggunakan baru-baru saja karena untuk menambah energinya atau meleps penat. Yang sebenarnya, ujarnya, narkoba bukanlah solusi mengatasi kepenatan atau penambah energi.
“Kalau memang baru pakai ya bisa saja itu karena lingkungan atau kerjaan. Ini yang harus didalami lagi,” ungkapnya.
Dia meyakini bahwa awalnya tentu pemakai tidak akan mau kebiasaannya ini jadi konsumsi publik. Mereka berfikir bahwa sekali mencoba tidak akan ketahuan sehingga memperkirakan faktor resiko untuk diketahui orang lain sangat kecil.
“Karena sudah merasakan manfaat kemudian ketika memakai merasa aman jadi ini terus dilakukan berulang,” pungkasnya.(mia)