Gambar Suasana Pelatihan secara daring Pengenalan Komputasi untuk Siswa SMA N 13 Depok oleh Tim Dosen Fakultas Farmasi Universitas Pancasila

DepokNews–Komputasi merupakan bidang ilmu yang menggunakan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Penggunaan komputasi dapat dilakukan untuk mempermudah belajar kimia misalnya untuk menggambar struktur senyawa dalam bentuk 2D/3D, menggambar struktur lewis, menggambar senyawa dengan gugus fungsi, menggambar persamaan reaksi, menggambar alat – alat laboratorium kimia, meng-convert struktur kimia sesuai nama rumus kimianya, sarana membuat media presentasi serta mengetahui sifat – sifat senyawa.

Dalam rangka Program Kemitraan Masyarakat (PKM), Fakultas Farmasi Universitas Pancasila (FF-UP) menyelenggarakan pelatihan penggunaan software untuk pengayaan mata pelajaran kimia kepada siswa- siswi SMA Negeri 13 Depok, Jawa Barat (15/11/2020). Hadir dalam kegiatan ini, dosen FF-UP yang diketuai oleh Esti Mulatsari, M.Sc, dibantu dosen, tenaga pendidikan dan mahasiswa yaitu: Dr. apt. Esti Mumpuni, M.Si; apt. Dra. Liliek Nurhidayati, M.Si ; apt. Drs Agus Purwanggana, M.Si.; apt. Diah Kartika Pratami, M.Farm; Retno Ayu Pratiwi, S.Si; Jasmadeti, S.E, M.Ak; Sola Fide Vicy; Sherry Ardiansyah; Nindi Ayu Astuti N dan Cindy Giovanis.

Dilaksanakan pada masa PSBB, kegiatan pelatihan yang direncanakan dapat terselenggara di sekolah terpaksa dilakukan secara daring menggunakan platform Zoom meeting. Walaupun demikian pelatihan jarak jauh dengan tidak ada tatap muka secara langsung, tidak membuat peserta patah semangat, sebanyak 60 siswa semangat mengikuti acara ini. Pada pelatihan ini disampaikan pemanfaatan komputasi di bidang kimia, kesehatan dan farmasi serta dikenalkan penggunaan software ChemSketch. Siswa mempraktekan secara langsung penggunaan Software ChemSketch yang diproduksi oleh acdlabs. Siswa mencoba install versi freeware yang bermanfaat untuk visualisasi molekul dan simbol kimia. Instruktur pelatihan dari FF-UP mengharapkan para siswa bisa meningkatkan skill komputasiuntuk mempermudah belajar mata pelajaran kimia.

Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMA N 13 Depok Ibu Retno Santy Ariestuti, S.S. mengucapkan terimakasih kepada Fakultas Farmasi Universitas Pancasila telah mau bekerja sama dengan SMAN 13 Depok. “Kegiatan ini bermanfaat, dapat dipetik ilmunya, dan dapat untuk menambah wawasan siswa. Semoga siswa dapat lebih mencintai pelajaran kimia” ujarnya.

“Pada PKM ini kami menyampaikan berfikir komputasi atau computational thinking. Yaitupemecahan masalah pada mata pelajaran kimia dengan menggunakan software chemskecth” ungkap apt. Drs. Agus Purwanggana, M.Si dalam sambutannya.

“Mata pelajaran kimia merupakan pelajaran yang menarik. Pengenalan software ini merupakan salah satu alat yang kekinian untuk belajar kimia. Belajar kimia dengan teknologi informasi akan menyenangkan. Penggunaan teknologi informasi sudah sangat berkembang saat ini, salah satunya komputasi dalam bidang kimia, farmasi, dan kesehatan” kata Dr. apt. Esti Mumpuni, M.Si, saat memberi paparan materi pendahuluan dalam pelatihan.

“Alhamdulillah, kegiatan pelatihan berjalan lancar dan menyenangkan. Terima kasih atas kerjasama Bapak Ibu semua serta partisipasi peserta pelatihan yang jumlahnya sampai 60 orang ini. Peserta aktif bertanya dan juga mengirimkan screen shoot materi pelatihan lewat grup WhatsApp. Suasana pelatihan cukup interaktif karena diselingi undian doorprize dan pemberian hadiah bagi siswa yang aktif” ujar Esti Mulatsari, M.Sc setelah memandu praktik install dan mengoperasian software Chemskecth.

“Terimakasih atas ilmu yang sangat berguna terutama untuk mempelajari secara mikroskopis bentuk molekul, cara menggambar di laptop supaya tidak berantakan. Banyak sekali manfaatnya. Semoga murid semakim memiliki skill dalam hal menggambar struktur kimia” ujar Dina Ma’rifah, S.Si., Guru Kimia SMA N 13 Depok mengapresiasi kegiatan pelatihan.

“Saya jadi tau cara baru belajar kimia menggunakan perangkat komputer. Pesan saya, untuk ke depannya tetap dipertahankan cara menjelaskan seperti ini, karena cara menjelaskan seperti ini mudah dipahami” ungkap Rio Maulana siswa kelas XI MIPA 6 SMA N 13 Depok yang mengikuti pelatihan.

“Saya jadi tau cara belajar kimia yang menarik lagi. Saya ingin belajar lagi model belajar seperti ini. Cara belajar seperti ini lebih seru” kata Puan Khalisha Harnaida kelas XI MIPA 1 SMA N 13 Depok.

“Walaupun terdampak situasi pandemi, kegiatan PKM transfer ilmu pengetahuan dan keterampilan tetap dapat dilaksanakan. Melihat antusiasme peserta dalam mengikuti kegitatan ini, semoga ke depannya kami bisa melaksanakan lagi pelatihan semacam ini, tentunya dengan jangkauan peserta yang lebih luas dari berbagai sekolah lainnya” ujar apt. Diah Kartika Pratami, M.Farm.