DepokNews–Banyak anggapan yang beredar di masyarakat bahwa untuk hidup sehat diperlukan biaya yang besar. Padahal, terdapat beberapa cara hidup sehat yang tidak membutuhkan biaya besar dan tetap efektif sebagai upaya pencegahan penyakit dan untuk menjaga kesehatan. Misalnya, makan makanan yang sehat, tidur yang cukup, dan berolahraga secara teratur. Tak kalah penting, periksa kesehatan secara berkala. Pada akhirnya fisik yang sehat akan menunjang kesejahteraan keluarga.

Integrasi kesejahteraan keluarga dan gaya hidup sehat ini menjadi topik sentral dari program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh 3 (tiga) dosen Universitas Indonesia dari dua bidang ilmu yang berbeda: Ilmu Keperawatan dan Ilmu Akuntansi. Bersama mereka melakukan Program Pengabdian Masyarakat yang merupakan program yang dirancang secara terintegrasi untuk memberikan pendampingan dan edukasi kepada masyarakat untuk mengelola keuangan keluarga melalui upaya pemeliharaan dan pelayanan kesehatan. Program difokuskan bagi warga di RW 2, Tugu, Cimanggis, Depok.

Interaksi para dosen tersebut sebagai pengabdi dengan warga di daerah ini memberikan informasi tentang padatnya penduduk di area ini, yang sebagian besar berpendapatan rendah, namun ada antusias warga untuk mengetahui cara hidup sehat yang masih terjangkau kantong mereka. Penanaman kebiasaan hidup sehat diberikan melalui kegiatan warga antara lain kegiatan senam bersama dan acara bincang-bincang tentang hidup sehat. Selain itu juga dilakukan pelayanan kesehatan secara rutin (tiap bulan), bekerja sama dengan para kader tenaga kesehatan (dokter dan perawat) dari UI dan sekitar Cimanggis. Di bulan November dan Desember 2019 rencananya akan dilakukan pula pelatihan keuangan dan kesehatan bagi para kader PKK RT di RW 2 Tugu. Para kader ini lebih dekat dan lebih sering berinteraksi dengan warga, sehingga diharapkan dapat lebih menyebarkan pengetahuan tentang pengelolaan keuangan keluarga dan cara-cara hidup sehat yang tidak mengeluarkan banyak biaya. Tim dari UI juga menyumbangkan alat pemeriksaan kesehatan untuk Posbindu (Pos Binaan Terpadu) RW 2 sehingga masyarakat bisa melakukan pemeriksaan mandiri. Diharapkan melalui program ini tercipta masyarakat yang bijak mengelola keuangan keluarga melalui kebiasaan hidup sehat yang mendukung upaya penciptaan masyarakat yang produktif. 

Pengelolaan keuangan keluarga merupakan keahlian dan keterampilan yang penting dimiliki setiap keluarga untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan keluarga. Salah satu pos keuangan yang memerlukan perhatian adalah masalah kesehatan keluarga. Dari sudut pandang keuangan, upaya pemeliharaan kesehatan dan pencegahan penyakit merupakan upaya yang lebih sedikit biayanya daripada dana yang dihabiskan untuk pengobatan.

Program pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk memberikan pendampingan dan edukasi kepada masyarakat tentang pengelolaan keuangan keluarga yang diintegrasikan dengan upaya pemeliharaan kesehatan ini telah dilaksanakan di RW 2, Kelurahan Tugu, Cimanggis, Depok sejak Februari 2019 berdasarkan asesmen kebutuhan warga yang telah diamati para pengabdi yang tinggal di lingkungan yang sama. Diharapkan kegiatan ini dapat menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya pengelolaan keuangan keluarga dan pentingnya menjaga kesehatan untuk kualitas hidup yang lebih baik. Jadi, siapa bilang Sehat itu Mahal?