DepokNews–Persatuan Pedagang Kaki Lima Indonesia (PPKLI) membagikan sebanyak 197 karung beras ke petugas pembersih jalan (pesapon) Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, di Jalan Raya Bogor, Sukamaju Baru.
Presiden DPP PPKLI Hermansyah mengatakan pemberian bantuan beras seberat 5 kg ini merupakan program PPKLI Peduli. Bantuan diberikan kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 dan membutuhkan uluran tangan.

“Pemberian bantuan ini bertujuan membantu sesama, yang memang membutuhkan. Sebagaimana kita ketahui, pandemi Covid-19 telah membuat perekonomian menjadi begitu sulit,” katanya, Senin (16/8/2021).


Tidak hanya pesapon, sebelumnya PPKLI juga telah menyalurkan bantuan kepada para pedagang kaki lima, anak yatim dan janda, hingga para pekerja media. “Gerakan ini menjadi semacam ajakan kepada semua, khususnya para pengusaha agar sama-sama menyisihkan rezekinya berbagi ke sesama. Mudah-mudahan ini menjalar jadi contoh,” harapnya.


Herman mengatakan bahwa pemerintah tidak bisa sendirian dalam mengatasi permasalahan Covid-19, termasuk membantu masyarakat yang terdampak. Karena itu, dibutuhkan keikutsertaan semua pihak untuk membantu. “Kita hidup bersaudara. Pandemi ini sangat berat dan berdampak. Saatnya kita peduli sesama,” katanya.


Ketua DPD PPKLI Kota Depok, Maryono menambahkan harapannya agar apa yang diberikan bisa bermanfaat, meski bantuan tersebut tidak seberapa nilainya. “PKL meski di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi masih tetap ingin berbuat bagi negara ini, bagi masyarakat. Apabila banyak pihak yang punya kelebihan ikut tergerak, mudah-mudahan bisa meringankan beban hidup yang kesulitan,” katanya.


Kepala Bidang Kebersihan DLHK Kota Depok, Iyay Gumilar menyampaikan rasa terima kasih kepada PPKLI yang telah mau membantu para pesapon. “Di situasi seperti sekarang ini pastinya bantuan yang diberikan akan sangat membantu. Semoga ini menjadi keberkahan bagi semua,”katanya.