Jokowi dan JK saat melakukan peletakan batu pertama (Istimewa)
DepokNews- Mengenakan batik berwarna coklat, Presiden RI Joko Widodo melakukan peletakan batu pertama pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII), di Cimanggis, Selasa (5/6/2018).
Didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalaa, Jokowi tiba pukul 08.30 WIB. Hadir dalam kegiatan jajaran menteri Kabinet Kerja, di antaranya Menteri Agama Lukman Hakim, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir‎, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anum. Serta Wakapolri Komjen Syafruddin, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, ‎dan beberapa pejabat daerah.
Jokowi menyampaikan pembangunan UIII menelan biaya sebesar Rp 3,5 triliun dan telah masuk dalam bagian proyek strategis nasional. Tahun ini sudah dianggarkan Rp 700 miliar dan diperkirakan selesai secara total dalam waktu 4 tahun.
“Tapi tahun depan sudah bisa digunakan (sebagian) satu atau dua mata kuliah sudah disiapkan,” ujarnya saat sambutan.

Pembangunan UIII menjadi tahapan lanjutan setelah Presiden Jokowi menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 57 Tahun 2016 tentang Pendirian UIII pada 29 Juni 2016.
UII dibangun di atas lahan sekitar 143 hektar dengan tujuh fakultas dan akan menjadi bagian dari upaya pemerintah untuk membangun pusat peradaban Islam Indonesia.(mia)