Presiden Jokowi Launching Bantuan Pangan Non Tunai

Posted on

DepokNews — Bertempat di Gedung POPKI, Jalan Jambore 44, Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (23/02/2017) Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo meluncurkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) secara nasional. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah bantuan pangan dari pemerintah yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli bahan pangan di Elektronik Warung Gotong Royong (E-Warong) yang bekerjasama dengan bank. Bantuan ini bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran serta memberikan nutrisi yang lebih seimbang kepada KPM secara tepat sasaran dan tepat waktu.

Kepala Seksi Perlindungan dan Jaminan Sosial pada Dinas Sosial Kota Depok, Oo Sudarya menerangkan bahwa perhari ini, secara nasional para pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) akan menerima Bantuan Pangan Non Tunai. “Nontunai ini akan dibagikan, nanti peserta itu akan diberikan kartu Himbara. Di mana di kartu Himbara itu sudah terisi uang, dana sebesar 110 ribu perbulan. Dengan kartu itu warga masyarakat bisa membelanjakan atau mengambil haknya berbentuk beras, gula, atau minyak goreng di warung-warung yang sudah disiapkan oleh pemerintah, yaitu pertama, E-Warong, kedua, Agen 46 yang sudah disebar di beberapa wilayah,” terangnya.

Untuk sementara ini di Kota Depok terdapat 4 E-Warong yang sudah siap melayani dan juga 151 Agen 46. Pada acara launching tersebut menghadirkan para peserta KPM (Keluarga Penerima Manfaat) dari Depok 1000 orang, dari Bekasi 500 orang, dan dari Kota Bogor 500 orang. “Nah, untuk Kota Depok, menghadirkan peserta KKM dari wilayah yang dekat lokasi acara ini, yakni Tapos 400 orang, Sukmajaya 300 orang dan Cimanggis 300 orang,” jelas Kasi Perlindungan dan Jaminan Sosial.

Adapun langkah-langkah menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yakni sebagai berikut, (1) Datang ke E-Warong penyalur Bantuan Pangan Non Tunai yang telah bekerjasama dengan Bank Himbara setempat serta membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan identitas diri (2) Lakukan Cek Kouta Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) melalui mesin EDC bank, masukkan Kode Rahasia (PIN) KKS dan terima bukti transaksi (3) pilih jenis bantuan sesuai kouta dan lakukan pembelian pangan dengan memasukkan PIN KKS pada EDC bank (4) Terima pangan (contoh beras, gula atau minyak goreng) yang telah dibeli serta bukti transaksi untuk disimpan.