Predisen Jokowi saat penyerahan sertifikat tanah (Istimewa)
DepokNews- Presiden Joko Widodo menyerahkan langsung 4.000 sertifikat tanah ke warga Depok, di Lapangan Pemancar RRI Cimanggis Kelurahan Cisalak, Kecamatan Cimanggis, Kamis (27/9/2018).
Presiden RI, menuturkan dirinya telah menginstruksikan kepada Kementerian Agraria sejak 2017 lalu untuk menerbitkan 5 Juta sertifikat tanah kepada masyarakat. Dari pihak kementerian Agraria menyanggupi dan tahun 2018 ini.
“Targetnya saya naikkan menjadi 7 Juta sertifikat begitu juga sampai nanti tahun 2019, akan terus meningkat dan harus bisa bagaimanapun caranya,” ujar Jokowi di hadalan ribuan warga Depok.
Seringnya masyarakat mengeluhkan soal sengketa tanah, di setiap wilayah. Membuat Jokowi mengintruksikan pemberian surat lahan menjadi program nasional.
“Keluhan yang sama selalu ada di setiap kunjungan saya. Kebanyakan karena masyarakat kebanyakan hanya memegang letter C atau girik saja,” kata Jokowi.
Sertifikat adalah sebuah bukti hukum atas kepemilikan sebuah tanah dan harus dimiliki oleh warga sehingga, nantinya tidak akan ada yang bisa menggugat sewenang-wenang baik swasta, pemerintah, BUMN maupun perorangan.
“Setelah ini tidak ada lagi masalah sengketa tanah, setelah diberikan program ini,” ucapnya.
Dalam pemberian sertifikat tanah, Jokowi di dampingi  Sofyan Djalil Menteri Agraria Dan Tata Ruang Indonesia, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Wali Kota Depok Mohammad Idris, serta Ketua DPRD Kota Depok Hendrik Tangke Allo.(mia)