Ketua Kwartir Beji Minin dua tengah saat mengikuti kegiatan Jambore Ranting.

Pramuka Beji Gelar Jambore Ranting

Posted on 896 views

DepokNews–Pramuka Kwartir ranting (Kwarran) Beji selama dua hari (11-12/1)  menggelar kegiatan Jambore Ranting (Jamran) Pramuka Kecamatan Beji di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur .

Binawasa Kwartir Cabang Kota Depok Rustam Efendi yang membuka kegiatan tersebut mengatakan kegiatan Jambore Ranting Beji ini sebagai ajang sarana silahturahmi antar-gugus depan yang ada di wilayah kwartir ranting (Kwarran) Beji yang nanti kedepannya untuk dipersiapkan dalam kegiatan Jambore Cabang.

Adapun kegiatan ini diikuti oleh 30 regu putra dan 30 regu putri dengan jumlah total 598 peserta Penggalang dari pangkalan SD, SMP, dan MTs se-Kwarran Beji.

“Kegiatan ini kami gelar sebagai bentuk pesta penggalang gugus depan se-Kecamatan Beji yang dilaksanakan kwartir ranting (Kwarran) Beji setiap tahunnya,” ujarnya.

Di lokasi sama ketua Kwartir Ranting Pramuka Kecamatan Beji Minin mengatakan melalui kegiatan positif pramuka penggalang ini mereka mengajak gugus depan yang akan turut bergabung memeriahkan acara tahunan ini.

“Jadi intinya kita mengajak semua gudep yang ada di Kwarran Beji untuk ikut serta,” ujarnya.

Ketua Panitia Jambore Ranting Suparno mengatakan, kegiatan ini adalah pesta pramuka untuk tingkat penggalang di gugus depan yang berada di kawasan Kecamatan Beji. Ini, untuk mengakrabkan dan menjalin silaturahmi dengan sesama anggota pramuka di Kwaran Kecamatan Beji.

Suparno menjelaskan, Jamran ini juga menjadi ajang untuk mengukur berbagai kompetensi di bidang kepramukaan, seperti pentas seni, KIM, Anjangsana dan karnaval.

Karena, dalam kegiatan tersebut, ada banyak kegiatan yang melatih ketrampilan, kemandirian dan membutuhkan kerjasama yang baik dalam menyelesaikan tugasnya.

“Pramuka memang untuk menciptakan karakter siswa. Dengan sederet kegiatan yang ada, tentu saja siswa diajak untuk terbiasa kreatif dan bisa bersosialisasi serta beradaptasi dimana saja dan kapan saja kita berada”katanya.