Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna (Foto: Mia Nala Dini-DepokNews)

Pradi : Makna Hari Pahlawan Bukan Sekedar Seremoni, Tapi Proses Menuju Kemerdekaan

Posted on 28 views
DepokNews- Bagi Wakil walikota Depok, Pradi Supriatna makna Hari Pahlawan bukan sekedar seremoni melaksanakan kegiatan, seperti upacara bendera. Tetapi betul-betul memaknai perjuangan pahlawan.
“Bagaimana mereka memperjuangkan Republik Indonesia ketika zaman penjajahan, hingga akhirnya merdeka,” ujar Pradi, Rabu (1/11).
Pradi mengungkapkan pahlawan ketika berjuang bertarung mengorbankan segalanya. Dengan kekurangan dan kelebihan pada zaman itu. Dimana tidak ada transportasi dan alat komunikasi. Komunikasi hanya melalui surat dan harus menunggu berminggu-minggu bahkan bulanan.
“Tidak seperti zaman sekarang yang apa-apa ada. Dulu tidak ada tapi mampu berjuang. Sekarang semua lengkap, sudah sepatutnya perjuangan itu diteruskan,” ungkapnya.
Satu semangat sudah bisa berjuang apalagi semangat bersama, dan semua bersatu pada akhirnya yakni Berbangsa Satu Bangsa Indonesia, dan itu ada dalam Sumpah Pemuda.
“Semangat patriotisme yang akhirnya lahirlah negeri kita. Kondisi saat itu dan saat ini berbeda. Kita tinggal mengisi kemerdekaan sesuai dengan cita-cita pendiri bangsa,” terangnya.
Pradi juga meminta kepada warga Depok untuk isi kegiatan dengan positif, membangkitkan gairah patriotisme. Jangan menghakimi, jangan mencemooh, menyebarkan berita hoax yang tidak produktif.
“Ukur diri sendiri apa yang dikerjakan hari ini. Seberapa banyak nilai positif yang kita kerjakan hari ini,” tutup Pradi.(mia)