Pradi Jabarkan Peran Masjid Sebagai Pusat Pembinaan

Posted on 5 views

DepokNews — Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna membuka Musyawarah Kerja Daerah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Depok.

Musyawarah yang diawali dengan pelantikan pengurus DMI Kota Depok berlangsung di Masjid Balaikota, Kamis (18/05/17) pagi. Kegiatan tersebut dihadiri Ketua Pengurus Dewan Masjid Indonesia Kota Depok, Ketua dan seluruh panitia pelaksana Musyawarah Kerja Daerah DMI.

Dalam kesempatan itu, Wakil Walikota sempat menjabarkan tiga bidang pembinaan yang harus dilaksanakan dalam upaya meningkatkan peran masjid sebagai pusat pembinaan dan pemberdayaan sumber daya umat secara keseluruhan. Pertama, pembinaan manajerial. “Pengelolaan masjid harus dilakukan dengan manajemen modern dan profesional. Hal ini dilakukan dengan meningkatkan kualitas didalam pengorganisasian kepengurusan masjid, administrasi yang rapi, transparan, serta mampu mendorong partisipasi jama’ah sehingga tidak terjadi penyalahgunaan wewenang di dalam kepengurusan masjid,” jabar Pradi.

Kedua, pembinaan dalam memakmurkan masjid. Memakmurkan masjid menjadi kewajiban setiap muslim yang mengharapkan untuk memperoleh bimbingan dan petunjuk Allah SWT. Ketiga, pembinaan bidang pemeliharaan masjid. Masjid diharapkan menjadi tempat yang bersih, indah dan mulia sehingga dapat memberikan daya tarik, rasa nyaman dan menyenangkan bagi siapa saja yang memandang, memasuki dan beribadah didalamnya.

“Selamat kepada pengurus DMI yang baru. Selamat bermusyawarah, semoga dapat menghasilkan rumusan langkah-langkah strategis dalam rangka meningkatkan kerja sama sinergis antara DMI dan Pemerintah Kota Depok,” tutur Pradi seraya berharap DMI dapat terus berperan dalam mempersatukan umat, dan mendukung program-program pemerintah