Potads Sosialisikan Down Syndrome di Siwa SD

Posted on 14 views

DepokNews –Persatuan Orang Tua Anak Down Syndrome (POTADS) menggelar acara sosialisasi downs syndrome di Sekolah Dasar Negeri Mekar Jaya 29, Jl. Rebab Raya RT 7/9 Mekar Jaya, Sukmajaya Kota Depok. Dalam kesempatan tersebut dihadapan para siswa disosiliasikan mengenai anak down sindrome (ADS)  seperti: apa itu down sindrome, bagaimana cara bersikap dan  memperlakukannya. Hal itu dibenarkan Sekretaris Umum Potads Olivia Maya S mengungkapkan bahwa perlunya mensosialisasikan ADS pada siswa agar bisa menghargai dan memperlakukannya dengan baik. Jangan sampai, lanjutnya, mereka memandang sebelah mata atau membully. “Kita ingin agar anak-anak siwa SD bisa memperlakukan ADS dengan menyapa, senyum, menghargainya sama dengan yang lainnya. Sebab, mereka juga cipataan Tuhan yang harus mendapatkan perlakuan yang sama tanpa ada diskriminasi. Intinya, ADS atau anak dengan berkebutuhan khusus  ada di sekitar kita,”ujarnya seusai acara sosialisasi  dan Pemeriksaan gigi gratis untuk anak-anak. Mekarjaya, Sabtu (14/10).

Olivia mengungkapkan, bahwa ADS perlu mendapatkan  dukungan dari masyarakat dengan memberikan kesempatan untuk tampil, menumbuhkan rasa percaya diri, menyalurkan minat dan bakatnya. Terlebih lagi, lanjutnya, dibalik keterbatasannya mereka juga memiliki kemampuan dan kelebihan. “Kita berharap, keberadaan mereka bisa diterima di masyarakat dengan lebih mengenali, memahami dan menghargainya.  Seperti saat pembukaan acara, ada acara penampilan dengan alat  jimbe.  Kita undang anak ADS supaya bisa dilihat dibalik keterbatasannya ternyata juga bisa menampikan sesuatu,”jelasnya.

Sementara itu, Wakil Wilayah Potads Depok Ayu mengungkapkan bahwa acara tersebut  bagian dari kalender Potads  yang sebelumnya dilaksanakan sebelum  lebaran di posyandu.  Menurutnya, saat ini merupakan tahap kedua sosialisasi di SDN Mekarjaya. Ia mengungkapkan, sedikitnya 80 siswa mengikuti kegiatan tersebut. Khusus untuk materi sosialisasi, ditujukan pada siswa kelas empat SD.  “Sasarannya adalah siswa SD agar mereka lebih paham dalam berkomunikasi dan memperlakukan ADS dengan baik. Target kita selanjutnya adalah Rumah Sakit,”tandasnya.

Selain sosialisasi, para siswa juga mengikuti pengobatan gigi secara gratis.