DepokNews–Pondok Pesantren As-Salamah, Bojong Pondok Terong, Cipayung menggelar acara akhirussanah (pelepasan akhir tahun santri-red). Dalam kesempatan tersebut juga diadakan pembagian lomba-lomba selama bulan puasa.

“Ini adalah acara penutupan kegiatan di Pesantren dengan ditandai pembagian hadiah juara perlombaan. Sebab, banyak rangkaian kegiatan selama puasa seperti: Pesantren Romadon dengan khataman Al-Qur’an dan khataman kitab kuning,”ujar Pengasuh Pesantren As-Salamah KH. Bahrudin Toyib.

Menurutnya, selama bulan ramadan dalam semalam para santri putra dan putri bersama-sama mampu mengkhatamkan Al-Qur’an. Dengan rincian, santri putra dikoordinir satu orang satu juz secara bersama-sama semalam yang akhirnya khatam. Hal serupa juga pada santri putri khataman Al-Qur’an. “Jadi, dalam semalam itu mereka bisa khatam Al-Qur’an dua kali,”paparnya.

Dia menambahkan, untuk khataman kitab kuning yaitu: kajian kitab sarah jurumiyah (ilmu nahwu), khulasoh Nurul Yaqin (sejarah Nabi Muhammad SAW), Sittin Masalah dan Tafsir Juz ‘Amma. “Selama setengah bulan kegiatan Ramadan diselenggarakan. Pelaksanaan pengajian Kitab Kuning dari pagi, siang dan sore hari. Harapannya, di bulan ramadan mengisi kegiatan ibadah dan keilmuan. Disamping itu, bisa dijadikan sebagai ajang pembiasaan bagi santri,”paparnya.

Sementara itu, berbagai cabang perlombaan di As-Salamah seperti: qiroatul kutub atau lomba baca kitab kuning (safinah dan fathul qorib), Hifdzul kutub atau hafalan kitab kuning ( kitab nahwu imrithi, Awamil, jurumiyah dan alfiyah), tahfidz Al-Quran, pidato dan fashion show.

“Kita ingin kembangkan kreatifitas dan bakat santri. Tentunya, kita berharap bisa berakhlakul karimah, ciptakan kader ulama di masa mendatang, apalagi untuk jadi ulama sulit. Mereka tidak mengejar dunia, tapi dunia mengajar mereka. Kembangkan ilmunya di masyarakat,”pungkasnya.