Kegiatan pengamanan pemilu 2019 (Foto: Mia Nala Dini-DepokNews)
DepokNews- Simulasi pengamanan pemilu 2019 dilakukan Polresta Depok, di depan Kantor KPU Depok, Jalan Kartini Raya, Kecamatan Pancoranmas, Kamis (11/10/2018).
Kapolresta Depok, Kombes Pol Didik Sughiarto menerangkan simulasi tersebut dilakukan sebagai ajang latihan bagi petugas, dalam mengantisipasi aksi massa saat pelaksanaan pesta demokrasi.
“Simulasi hari ini merupakan rangkaian dari latihan pra operasi mantab-brata. Dalam rangka pengamanan pemilu 2019,” ujar Didik usai giat Pengamanan Pemilu 2019.
Menurut Didik, pemberian pembekalan pengetahuan terhadap seluruh personil kepolisian di wilayah hukum Polresta Depok telah diberikan sejak Senin lalu (//10/2018).
“Hari ini baru simulasi terkait adanya gangguan terhadap kegiatan KPU yang sedang melakukan rapat rekapitulasi hasil pemilu,” katanya.
Dalam simulasi tersebut pihaknya memperagakan bagaimana cara menetralisir dan mengendalikan gangguan terhadap KPU dari orang-orang yang hendak melakukan tindakan anarkis karena ketidakpuasan, dengan hasil penghitungan suara.
Simulasi langsung ini sengaja mengambil tempat di lokasi real guna memberikan gambaran bagaimana nanti bila ada potensi-potensi gangguan yang terjadi dan bagaimana cara mengendalikannya.
“Petugas langsung mempraktekkan secara nyata,” ucapnya.
Didik berharap dengan adanya pelatihan ini diharapkan semua personil dan instansi terkait bisa menyiapkan diri dan mengevaluasi hal-hal apa saja yang perlu ditingkatkan dalam mengamankan KPU sebagai salah satu objek vital.(mia)