DepokNews–Aparat Kepolisian Polresta Depok melakukan antispasi aksi teror saat pelaksanaan hari Raya Idul Fitri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kapolresta Depok, Kombes Didik Sugiarto
mengatakan itu saat memimpin upacara gelar pasukan operasi Ketupat Jaya di Halaman Balaikota di Jalan Margonda pada Selasa (28/5).

“Operasi Ketupat ini masih berkaitan dengan pengamanan Pemilu maka dari itu anggota kami masih siaga dalam mengatasi aksi teror”katanya.

Aksi teror mulai aksi pencurian dengan kekerasan, begal, tawuran dan aksi kriminalitas lainnya yang merugikan masyarakat umum.

Sebagai antisipasi aksi kriminalitas di hari Raya Lebaran maka pihaknya melaksanakan operasi Ketupat hingga dua minggu kedepan.

“Operasi gelar pasukan ini kami lakukan sebagai langkah mengetahui persiapan anggota di lapangan mengantisipasi aksi teror tersebut”katanya.

Menjelang mudik lebaran 2019, Polresta Depok, membentuk tim khusus yang bertugas mengawasi rumah kosong yang ditinggal pemiliknya pulang kampung.

“Tim rumah kosong ini gabungan dari Polri, TNI, dan elemen masyarakat, kemungkinan ratusan petugas kami kerahkan untuk operasi Ketupat 2019 ini,” katanya.

Didik mengimbau agar masyarakat Depok yang mudik Lebaran 2019 untuk menyiapkan kendaraan yang fit. Sementara rumah yang ditinggalkan harus dipastikan keamanannya.

Seperti mematikan instalansi listrik, kompor dan dikunci, serta menitipkan kepada tetangga yang tidak mudik atau Ketua RT dan RW setempat.

Pada Operasi Ketupat 2019, ada enam pos didirikan di beberapa lokasi untuk menjaga keamanan di Kota Depok.

Satu Pospam di Terminal Jatijajar, dan 5 Pos lainya tersebar di titik keramaian di Kota Depokm

“Anggota kami yang diturunkan dalam operasi ketupat di Depok ada 985 personel gabungan untuk mencegah potensi kejahatan masyarakat”katanya.

Sementara itu, Komandan Kodim (Kodim) 0508/Depok, Letkol Inf Eko Syah Putra Siregar, mengatakan, sebanyak 200-an prajurit akan bahu-membahu bersama kepolisian untuk menjamin kelancaran perayaan Lebaran di 11 kecamatan se-Kota Depok.

“Kita sudah siapkan, sesuai dengan petunjuk dari Mabes TNI Angkatan Darat, kita akan bagi prajurit ke dalam tiga gelombang,” katanya.

Sementara itu Wakil Wali Kota Depok, memaparkan, kepada masyarakat Depok yang akan mudik kekampung halamannya agar berhati hati saat berkendara dijalan, supaya dapat merayakan Lebaran bersama keluarganya, dan kepada masyarakat yang tidak mudik, agar turut serta ikut menjaga lingkungannya.

“Untuk itu peran serta dari semua pihak kami harapkan dalam ikut mengamankan Kota Depok yang kita cintai, agar nantinya kita semua dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama dengan Keluarga,”katanya.