Polda Metro Jaya Siapkan 1700 Personel Untuk Amankan Debat Pilgub DKI

Depoknews.id, Depok– Sebanyak 1700 personel kepolisian akan berjaga dalam debat Pilgub DKI 2017 malam nanti. Debat pertama yang diadakan oleh KPUD DKI Jakarta ini akan berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

“Kami pastikan aparat keamanan siap untuk mengawal debat dengan aman, tertib, dan nyaman. Jumlah tim keamanan yang kita turunkan ada 1700. Ditambah backup dari TNI dan juga pihak keamanan terkait lainnya,” jelas Kapolda Metro Jaya, M. Iriawan saat mengecek lokasi, Jumat (13/1).

Pengamanan yang dilakukan oleh pihak kepolisian tidak hanya didalam ruangan, tetapi juga diluar ruangan. Polisi juga akan mengatur lalu lintas disekitar Hotel Bidakara. Pelaksanaan debat pada Jumat malam bertepatan dengan jam pulang kantor.

“Jadi lagi jam padat sekali, tapi itu ring terluar, itu tugas petugas yang ada di jalan untuk mengawasi lalu lintas dan mengurai kemacetan,” tambahnya.

Pada debat pertama ini, hanya 100 orang pendukung dari masing-masing calon yang diperbolehkan masuk ke ruangan. Ini akibat keterbatasan ruangan. “Ruangannya hanya mumpuni untuk menampung masing-masing 100 orang dari pendukung paslon,” kata Iriawan.

Bahkan panitia sendiri hanya dibatasi 100 orang, sehingga debat bisa berjalan lancar. Polisi akan memisahkan pendukung tiap calon diluar ruangan. Pendukung juga diminta tidak membawa atribut berlebihan.

Menurut Iriawan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, maka para pendukung calon akan duduk berjauhan.

Debat calon gubernur dan wakil gubernur DKI akan digelar mulai pukul 20.00 WIB hingga jam 22.00 WIB nanti malam. Tiga pasang cagub-cawagub yang akan ikut Agus Yudhoyono-Sylvianan Murni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, serta Anies Baswedan-Sandiaga Uno.