DepokNews- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok mempunyai cara tersendiri untuk mensosialisasikan 3M (Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak) kepada masyarakat. Kali ini PMI Depok menciptakan sebuah jingle atau lagu.

“Ini merupakan bentuk edukasi yang disampaikan melalui jingle atau lagu. Tujuannya, agar masyarakat bisa lebih mudah menerima atau menerapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Wakil Kepala Markas PMI Kota Depok, Imron Maulana, pada Rabu (02/12/20).

Dirinya mengatakan, lagu tersebut diciptakan oleh PMI Pusat untuk disebar ke pelosok negeri melalui relawan di masing-masing daerah. Adapun, sasarannya adalah masyarakat yang ada di pasar, termasuk pedagang.

“Target kami enam pasar, namun yang saat ini sudah berjalan baru tiga titik. Yaitu pasar Agung, Pasar Cisalak dan Pasar Kemiri. Ke depan kami juga akan menyasar ruang publik lainnya, seperti sekolah, taman dan tempat pelayanan,” ungkapnya.

Dijelaskannya, alunan musik bergenre dangdut dipilih karena menurutnya aliran tersebut dapat lebih mudah diterima masyarakat. Selain itu, hentakan musik dangdut senada dengan gerakan yang diperagakan relawan.

“Kami berharap, edukasi ini dapat tersebar luas, agar Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) bisa menjadi suatu budaya di kalangan masyarakat,” tutupnya.