Relawan PMI Depok saat dilepas Wali Kota Depok (Istimewa)
DepokNews- 10 kantung jenazah disiapkan PMI Kota Depok, untuk membantu evakuasi korban Pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh pagi tadi.
Kelima relawan dilepas Wali Kota Depok, sekitar pukul 15.00, di Balai Kota Depok, Senin sore (29/10/2018). Kelima relawan berangkat menggunakan satu mobil ambulance, untuk diperbantukan disana.
Ketua PMI Kota Depok Dudi Miraz mengatakan kelima relawan ini membawa 10 kantung jenazah, 10 masker untuk evakuasi disana. Relawan akan bertahan disana hingga hari Rabu.
“Tapi kalau Kabupaten Karawang minta mereka bertahan untuk membantu, ya tidak apa-apa,” jelas Dudi.
Kelima relawan ini nantinya akan bergabung dengan teman-teman PMI lainnya, dan melakukan evakuasi dibawah PMI Kabupaten Karawang.
“Nanti mereka dari lokasi kejadian dipusatkan ke karawang. Tugasnya mengangkat jenazah yang kemudian diidentifikasi oleh yang ahli,” paparnya.
Kelima relawan ini dipilih karena tidak sembarang orang mampu melakukan evakuasi jenazah. “Mereka berpengalaman makanya dipilih,” ujar Dudi.
Dudi menambahkan, relawan PMI Depok tidak dikhususkan untuk korban yang warga Depok. Tugas mereka adalah membantu semua jenazah dan keluarga korban. Tetapi jika ada korban dari Depok, bisa dibantu juga oleh PMI Depok.
“Tugas Pmi tidak ada ruang dan waktu, semua dibantu. Kalaupun ada warga Depok lebih baik dan lebih bagus, karena ada PMI Depok,” tuturnya.
Dudi pun berpesan pada anggotanya untuk bisa bekerja keras, bekerjasama dengan teman-teman lainnya. Serta membantu keluarga korban dan bertahan 3 hari disana kecuali diminta untuk bertahan lebih lama.(mia)