DepokNews- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok terus mematangkan persiapan pelaksanaan donor plasma konvalesen. Sejak pekan lalu, pihaknya telah mengambil sampel darah kepada sejumlah calon pendonor.

“Sementara, jumlahnya kisaran di bawah 10 orang, karena kan kegiatan ini terus bergerak. Jadi datanya fluktuatif,” kata Ketua PMI Kota Depok, Dudi Mi’raz, Selasa (26/01/21).

Bahkan, lanjut Dudi, pihaknya mendapat laporan bahwa hari ini ada salah satu calon pendonor yang telah lolos uji skrining. Rencananya, pengambilan plasma konvalesen dari pendonor tersebut dilakukan di Markas PMI Kota Depok.

“Hari ini sudah ada satu pendonor yang akan diambil plasmanya,” terangnya.

Sementara itu, Wali Kota Depok Mohammad Idris yang merupakan salah satu calon pendonor plasma konvalesen mengatakan, pencanangan ini merupakan salah satu upaya untuk membantu masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19. Pasalnya, donor plasma ini sudah dipelajari secara medis sebagai terapi pemulihan bagi pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit.

“Donor ini dilakukan seseorang yang telah terpapar Covid-19. Menurut medis, selama masih ada antibodi dua sampai tiga bulan, maka ia bisa mendonorkan darahnya untuk pasien Covid,” tandasnya.