DepokNews- Kepala Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok, Widya Astriyani, mengimbau masyarakat agar tidak panik tertular covid-19 saat melakukan donor darah. Pasalnya, belum ada bukti bahwa transfusi darah bisa menularkan covid-19.

“Kami akan memastikan kegiatan donor darah yang dilakukan di area Balai Kota Depok akan dilaksanakan dengan protokol kesehatan. Seluruh petugas juga dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD),” ujarnya, Kamis (05/11/2020).

Widya juga menjelaskan seseorang yang ingin menyumbangkan darahnya akan melalui tahapan yang cukup ketat. Orang yang berdonor adalah orang yang sehat. Kemudian darah yang didonorkan akan melalui uji saring untuk memastikan darah yang siap ditransfusi adalah darah yang sehat dan aman.

“Prosedur yang dijalankan oleh PMI dalam pengelolaan darah adalah untuk menghasilkan darah yang aman bagi pasien yang harus diselamatkan,” jelas Widya.

Ia menambahkan bahwa diharapkan dengan sterilisasi dan uji yang tepat dapat menghindari darah dari virus dan bakteri. Ia juga berharap mudah-mudahan masyarakat bisa rutin mendonorkan darahnya karena donor darah itu sehat.